1 tahun bertikai, dua kubu di Kabupaten Nduga Papua berdamai. Ini kata bupatinya!

oleh -537 views

Indotimnews– Pasca bertikai dua kubu di Kabupaten Nduga, Papua, diambil langkah Penyelesaian masalah, Sabtu (25/11/17), di perempatan Bandara Nduga, Distrik Keneyam Kabupaten Nduga.

Perdamaian/penyelesaian masalah aksi perang antara kubuOnes Wandikbo dan kubu Simon Nirigi yang terjadi di KabUpaten Nduga yang disaksikan para pejabar setempat, epolosian dan TNI dan dihadiri sekitar 300 orang,

NNampak pula Bupati Nduga, Yairus Gwijangge, Wakil Bupati Nduga, Wenthius Nemiangge dan para pejabat daerah itu.

Dari pihak apatat keamanan, disaksikan oleh Kapolres Jayawijaya, AKBP Leonard Akobiarek, Pabung Pos Kodim Nduga, Mayor Inf R. Nainggolan.

Kedua belah kubu yang berseteru berkumpul di perempatan Bandara Nduga dan masing-masing kubu mendapat pengamanan dari aparat TNI/Polri.

Bupati Nduga menjelaskan, hampir lebih 1 tahun perang ini belum dapat diselesaikan, tapi puji Tuhan dapat berkumpul bersama untuk menyelesaikan permaslahan ini.

“Lebih baik saya mundur menjadi Bupati, mungkin ada yang mampu untuk memimpin bapak/ibu. Dan saya sudah berkomitmen, apabila kedua belah kubuh tidak bisa berdamai, maka saya akan mundur jadi bupati,” ucap Yairus.

Dikatakan, mereka satu suku, bukan campuran suku, jadi mari kita bersama-sama membangun Nduga dan yakin tidak ada lagi aksi peperangan antar satu sama lain.

“Masing-masing kubuh menyiapkan 1 panah untuk kita patahkan pertanda tidak ada lagi peperangan di Kab. Nduga.Kita sambung kembali tali persaudaraan yang telah terpecah selama hampir 1 tahun,” ajak bupati.

Laporan; Own

loading...
loading...