15 Truk Angkut Sampah di Kanal Kecamatan Makassar

oleh -727 views

IMG_20140907_180044-1Makassar– Pemerintah Kota Makassar melakukan kerja bakti massal pembersihan kanal di kecamatan Makassar, Minggu (7/9/2014) pagi.

Ketua tim Gerakan Makassarta Tidak Rantasa (Gemar MTR) yang juga Asisten III Pemkot Makassar, Burhanuddin mengatakan gerakan bersih kanal mendapat respon masyarakat yang ikut terlibat dalam kerja bakti.

Kanal yang dibersihkan diantaranya kanal dari Jalan Sungai Saddang tembus belakang Universitas 45, Kanal Sinrijala yang sebelumnya dipenuhi sampah. “Hasilnya, 15 unit mobil pengangkut sampah berhasil mengangkut sampah hasil kerja bakti kita,” kata mantan Kadis Sosial Pemkot Makassar, Minggu (7/9).

Untuk mengangkut sampah dikanal, ia menggunakan rakit dari bambu dan menjaring sampah-sampah plastik, dan sampah lainnya yang mengapung. “Kami bersama masyarakaat menggunakan rakit 10 unit. Untuk menjaring sampah, menggunakan penutup kipas angin. Kalau dilihat volume sampah, memang kami masih kekurangan rakit,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengaku puas dengan hasil kerja bakti tersebut. “Sekarang, alhamdulillah kanal itu sudah bersih. Kita juga kasih bambu untuk menghalangi sampah-sampah, karena disitu pasang surut air. Sekaligus menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kanal tersebut untuk tetap bersih,” paparnya.

Dalam bersih kanal tersebut, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Kota Makassar, meminjamkan eskafator 1 unit untuk mengeruk sedimentasi kanal.

“Balai besar berjanji akan terus membantu kami untuk menyediakan alat seperti ekskafator. Kita berharap masyarakat tidak lagi membuang sampahnya di kanal,” harapnya. Keterangan foto : Salah satu kanal di Jalan Sungai Saddang Baru, hasil kerja bakti, Minggu (7/9/2014) pagi tadi.(sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.