Home / Indotimnews / 160 Peserta Ikuti MQK Diselenggarakan Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel

160 Peserta Ikuti MQK Diselenggarakan Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel

MAKASSAR– Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan Bidang Pendidikan Diniyah (PD) Pondok Pesantren (Pontren) menggelar Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) dalam rangkaian Hari Santri Nasional  yang diikuti 160 peserta dari Kab/kota Se Sulsel di Aula Kanwil Kemenag, Senin (15/10/18).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar, turut dihadiri Pejabat eselon III Kanwil Kemenag Sulsel, Kakan Kemenag Palopo, dan para Kasi PD Pontren Kemenag kab/kota Se Sulel

Kakanwil dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan MQK yang diselenggarakan Bidang PD Pontren, sebagai rangkaian hari santri nasional yang diharapkan mampu memberikan yang terbaik untuk Sulsel ke depan.

Dikatakan, bahwa khasanah membaca kitab kuning perlu ditingkatkan, karena tidak semua pondok pesantren kab/kota di Sulsel ini yang mengajarkan kitab kuning.

“Padahal semestinya yang menjadi priorotas terselenggaranya pembelajaran di pondok pesantren adalah adaanya pengajaran kitab kuning didalamnya,” jelas Kakanwil.

Alumni salah satu pondok pesantren ini menambahkan bahwa, kitab kuning  perlu dioptimalkan pengajarannya, karena kitab tersebut menjadi rujukan para ulama untuk mengkaji, memahami dan memutuskan perkara dengan bijak.

“Insya Allah dengan rutin melaksanakan kegiatan MQK, maka setidaknya Pondok Pesantren di Sulsel tidak lagi jauh ketinggalan dengan pulau Jawa dimana MQK memiliki nuansa bagaimana membaca, memahami dan mengartikulasi. Bacaan  Jika hal ini dipahami maka kwalitas pondok pesantren tidak jauh dari apa yang dituangkan dalam hadis,” ungkapnya.,

Sebelumnya Kepala Seksi Pendidikan Kesetaraan, H. Muhammad Tonang sebagai panitia pelaksana melaporkan kegiatan lomba dibagi dalam 3  (tiga) marhalah atau tingkatan pada 5 (lima )bidang kitab masing-masing marhala ula pada bidang fiqih, Nahwu sedangkan pada marhala wustha bidang nahwu, akhlaq dan marhala Ulya pada bidang akhlak dan diikuti 160 peserta dari 21 Kab/Kota.

loading...