168 fasilitator dan MBS Ikuti Pelatihan Modul III

oleh -216 views

IMG_20150529_021644Indotimnews.com– Untuk melanjutkan program peningkatan mutu sekolah dalam menerapkan praktik yang baik dalam pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah (MBS), USAID PRIORITASkembali melatih 168fasilitatorpembelajaran dan MBS pada pelatihan tingkat nasional modul III SD/MI di Bandung (27-30/5/15). Para peserta yang berasal dari tujuh provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan, dilatih untuk dapat menerapkan hasil pelatihan dan melatih di provinsinya masing-masing dalam mengembangkan sekolah bermutu.

Stuart Weston, Direktur Program USAID PRIORITAS, menyebut pelatihan tingkat nasional ini merupakan bagian dari upaya terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dasar. “Setelah berhasil menerapkan paket pelatihan modulI dan II, kini kami menggulirkan paket pelatihan modulIII yang berorientasi pada peningkatan kemampuan literasi,” tutur Stuart di sela-selapelatihan.

Menurutnya, upaya mendorong tingkat kemampuan literasi siswa sekolah dasar ditempuh secara terpadu melalui proses pembelajaran dan pengembangan budaya baca. Literasi mencakup kemampuan siswa membaca dengan pemahaman yang pada akhirnyamampu menghasilkan karya tulis orisinal. Guru didorong untuk lebih kreatif sehingga strategi pembelajaran lebih bervariasi untuk memberi kesempatan siswa membaca dalam proses pembelajaran dan lebih intensif memeriksa pemahaman murid dalam membaca.

“Siswa didorong untuk mampu menuliskan pikiran sendiri dan melahirkan karya tulis yang panjang, teliti, dan menarik,” tambahnya. Stuart jugamenuturkanbahwa USAID PRIORITAS akan memberikan buku-buku bacaan untuk siswa kelas awal kesekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi siswa di sekolah binaan proyek.

Bambang Suryadi, PhD, Sekretaris Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) Kemdikbud RI yang hadirdalamacarainimenyampaikan,“BSNP menyampaikanapresiasisetinggi-tingginyakepada USAID atas kemitraandenganpemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu pendidikannasional. (Rang)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.