2014, PPIP Bantu Dana 371 Desa di Indonesia Rp.100 juta Untuk Infrastruktur

oleh -334 views

IMG_20140902_081451-1Makassar– Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) adalah Program Pembangunan infrastruktur dasar pemukiman di perdesaan berbasis pemberdayaan yang dilakukan secara swakelola oleh masyarakat dengan bantuan dari pemerintah sebesar 250 juta rupiah perdesa.

Menurut Team Leader KMP PPIP 2014, Lilik M Hidayat mengatakan untuk pemberdayaan Masyarakat Desa ini tahun ini dibantu sekitar 371 desa seluruh Indonesia terkecuali DKI Jakarta, dan kali ini hanya mendapat bantuan sebesar Rp.100 juta/ Perdesa yang dana itu diperuntukkan perbaikan dan Pembanguan Infrastruktur Jalan Desa, drainase, dan Tambatan Perahu, ” kuncinya agar Warga didesa itu tidak terisolisir, ” katanya kepada Wartawan di Makassar, Senin (01/09)

“PPIP diharapkan dapat mendukung pengurangan kemiskinan di Perdesaan serta meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin. Dengan demikian maka akan terjadi pengurangan kemiskinan serta inisiatif pembangunan dari masyarakat itu sendiri, karena kegiatan ini diadakan melalui pendekatan berbasis pemberdayaan masyarakat”, lanjut Lilik.

Khusus untuk Fasilitator Masyarakat yang akan dilatih saat ini, mempunyai tanggungjawab yang cukup berat mengingat waktu yang sangant singkat karena harus selesai diakhir tahun anggaran 2014 ini.

PPIP yang dilaksanakan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat, keberpihakan kepada yang miskin, otonomi dan desentralisasi, partisipatif, keswadayaan, keterpaduan program pembangunan program pembangunan dan penguatan kapasitas kelembagaan dengan prinsip-prinsip: Acceptable, Transparant, Accountable serta Sustainable.

Pelaksanaan program PPIP di desa sangat membutuhkan pendampingan dari pihak terkait, baik dari Fasilitator, Kader Desa, Kepala Desa, terlebih dukungan yang terus menerus dari Satker PIP Kabupaten / Kota agar dapat diperoleh hasil yang maksimal. Menjadi suatu tanggung jawab moral kita bersama untuk mensukseskan program ini, karena pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin adalah bagian pengabdian tugas yang sangat mulia.. (*hmad)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.