2015 PEMKOT BANGUN 1520 Sanitasi  Makassar

oleh -309 views

images(206)-1Makassar,– Sarana sanitasi ( pengelolaan air limbah domestic ) terpusat akan dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada tahun 2015. Program tersebut dilakukan atas dukungan kerjasama Australia Indonesia dalam Program Hibah Infrastruktur Australia Indonesia untuk sanitasi (SAIIG).

Hal tersebut terungkap dalam Workshop Sanitasi, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar, Rabu 22 Oktober 2014.Program Hibah Infrastruktur Australia-Indonesia untuk Sanitasi /Australia-Indonesia Infrastructure Grants for sanitation (sAIIG),merupakan program hibah berbasis kinerja dengan nilai 40 juta dollar yang diberikan kepada 43 Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Program ini merupakan program kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia yang dilaksanakan dengan melibatkan Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia melalui proyek Indonesia Infrastructure Initiative (IndII).

Program Officer Water and Sanitation for Indonesia IndII, Nur Fadrina Mourbas, mengatakan,  Di Sulawesi Selatan, ada Dua Kabupaten yang juga mendapatkan bantuan Hibah ini, antara lain Maros dan Selayar. Sarana sanitasi ini merupakan sarana pengolahan air limbah rumah tangga secara terpusat di wilayah permukiman.

Dalam program ini Pemkot terlebih dulu membangun sarana sanitasi dengan dana. Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), setelah diverifikasi oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, dana hibah akan ditransfer oleh Kementerian Keuangan.

“Jadi Pemkot dulu yang kerjakan dan biayai sepenuhnya, kalau sudah selesai maka akan di verifikasi, jika sesuai, maka dana hibah akan kita kirimkan,”ungkap Nur Fadrina.
Dana tersebut,kata dia sengaja tidak diberikan lebih awal, dengan tujuan agar seluruh pemerintah daerah (Pemda) penerima hib. (Sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.