2015 Pemkot Masukkan Pemberantasan Narkoba ke Mata Pelajaran

oleh -329 views

20141206_21_57_13-1Makassar,–Tahun 2015 Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan mengintegrasikan materi Penyalahgunaan, Pencegahan, Pemberantasan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kedalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes).

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Sulawesi Selatan dengan Wakil Walikota Makassar, Kepala Dinas Pendidikan, dan Badan Narkotika Kota (BNK) Makassar, di Balaikota, Jumat 5 Desember 2014.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNNP, Rosnah T, mengatakan, pihaknya mengusulkan kepada Pemkot Makassar untuk mengintegrasikan materi P4GN kedalam mata pelajaran Penjaskes untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.
“Kita datang ke Pemkot untuk mengusulkan materi pencegahan bahaya narkoba agar terintegrasi dalam kurikulum,” kata Rosnah.
Menurutnya, Materi P4GN akan menciptakan kesadaran bagi generasi muda untuk memproteksi diri dari bahaya obat terlarang.

“Selamatkan generasi dimulai dengan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dari narkoba,” ungkapnya.

Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal, memberi apresiasi positif terhadap usulan pemberlakukan materi P4GN kedalam salah satu mata pelajaran Sekolah.

Dirinya meyerahkan sepenuhnya rencana tersebut kepada Dinas Pendidikan dan BNK untuk segera melakukan pengkajian dalam merealisasikan rencana tersebut.

“Inilah yang selama ini mau kita laksanakan, karena sangat penting untuk menyelamatkan masa depan anak-anak kita, kita harus kaji ini dengan sebaik-baiknya,” kata Deng Ical sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemdidikan, Mahmud BM, mengaku akan melakukan pengkajian terkait materi P4GN yang diserahkan BNNP. Setelah itu, pihaknya akan mengumpul seluruh guru Penjaskes untuk diberikan pengetahuan terkait materi P4GN yang akan diajarkan ke siswa.

“Sebelum diajarkan, tentunya yang perlu disiapkan dulu Sumber daya manusianya deng an baik sebelum mengajarkan,” kata Mahmud.

Rencananya, Dinas Pendidikan akan memberikan pelatihan P4GN pada awal bulan February 2015. “Awal bulan dua kita akan bekali SDM guru Penjaskes dan guru lainnya yang terkait materi ini,” ungkapnya.(sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.