Home / EKOBIS / 2240 Tabung LPG 3 Kg Masuk Selayar Pekan Ini, Disperindagkum Pastikan Harga Tabung Stabil

2240 Tabung LPG 3 Kg Masuk Selayar Pekan Ini, Disperindagkum Pastikan Harga Tabung Stabil

Selayar– Kepala bagian ekonomi Setda Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Muhammad Arsyad, SKM memberikan konfirmasi resmi terkait tibanya kapal milik CV.Putriana, salah satu pengusaha agen penyalur tabung gas LPG ukuran 3 kg di Desa Barugaia, Kecamatan Bontomanai.

Arsyad menandaskan, “tabung gas lpg yang baru saja tiba sudah didistribusikan dengan menggunakan empat unit mobil. Masing-masing mobil mengangkut lima ratus enam puluh tabung gas ukuran tiga kilogram.

Sehingga total jumlah tabung gas lpg yang tiba per hari Minggu, (24/1) sore mencapai dua ribu dua ratus empat puluh tabung, jelasnya.

Keterlambatan pasokan dan distribusi tabung ke Kabupaten Kepulauan Selayar dalam beberapa pekan terakhir, disebabkan oleh faktor cuaca buruk. Lebih lanjut Arsyad menekankan, harga eceran tertinggi (HET) ditetapkan dua puluh dua ribu rupiah pertabung.

Kenaikan di luar harga eceran tertinggi biasanya disebabkan oleh permainan segelintir oknum pedagang pengecer yang memanfaatkan situasi.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui bagian ekonomi terus bekerja melakukan pemantauan dan memberikan penekanan kepada pangkalan serta pedagang pengecer tabung gas lpg untuk tidak mencoba-coba menaikkan harga.

di luar itu, Muh. Arsyad menyebut, kuota tabung dari PT. Pertamina untuk Kabupaten Kepulauan Selayar, memang belum mencukupi. Kondisi tersebut diperparah oleh ketergantungan hampir seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, terhadap penggunaan tabung gas lpg tiga kilogram.

Padahal, tabung gas lpg kata dia, hanya diperuntukkan bagi warga masyarakat miskin. Sementara masih banyak masyarakat berkategori mampu yang menggunakan tabung ukuran tiga kilogram, sebutnya kepada wartawan hari Minggu, (24/12) siang.

Senada dengan hal tersebut, Kepala seksi sarana dan pembinaan pasar Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkum), Andi Irwan menandaskan, pekan ini, stock dan harga tabung gas lpg di Kabupaten Kepulauan Selayar, dipastikan stabil.

Pernyataan ini dilontarkan Andi Irwan pasca dilaksanakannya operasi pasar yang dilaksanakan secara serempak oleh tim gabungan operasi lilin 2017 di sekitar wilayah Kota Benteng. Dalam kegiatan tersebut, tim operasi pasar berhasil mengantongi data pengusaha pangkalan yang kerap memainkan harga tabung.

Terkait dengan temuan itu, tim gabungan akan kembali turun dan melancarkan operasi penertiban pangkalan serta pedagang pengecer tak berizin. Sebelum pelaksanaan operasi, tim akan melakukan pertemuan pada hari Minggu, (24/12) malam untuk selanjutnya, tim akan membuat dan mengirimkan surat kepada pangkalan, serta pedagang pengecer tabung gas lpg. Surat akan dikirimkan pada hari Senin, (25/12).

Rencana operasi penertiban akan dilakukan dengan mengingat kesulitan pihak Disperindagkum dalam menginventarisir jumlah pedagang pengecer tabung gas lpg di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, tegas Andi Irwan dalam keterangan persnya kepada wartawan pada hari Minggu, (24/12) sore di Warkop Chartenz, di ruas Jl. Jend. Sudirman, Benteng.(Fadly syarif)

loading...