250 pengusaha Bantaeng diberi kartu IUMK

oleh -259 views

images(18)Bantaeng– 250 pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Bantaeng akan menerima kartu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) pada peluncuran penyerahan kartu naskah dan IUMK sekaligus penyerahan pinjaman kur dan kemitraan.

Penyerahan kartu IUMK dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah di lapangan pantai Seruni kamis 19/11. Kartu IUMK merupakan kartu debit yang dipersembahkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koperasi dan UMKM serta Kementerian Perdagangan.

Nurdin Abdullah Bupati Bantaeng sangat bangga dan mengapresiasi terobosan yang dilakukan Kepala Dinas Koperasi dan UKM di bawah kepemimpinan Ir. Meyriyani Madjid karena mampu memberi naskah dan kartu IUMK sebenyak 250 para pengusaha mikro kecil di Kabupaten Bantaeng.

Pemimpin Cabang BRI Kabupaten Bantaeng Moh. Noeroel Fadjari mengemukakan, kartu itu dapat berfungsi sebagai identitas pelaku usaha mikro dan kecil dan sebagai kartu debit untuk melakukan transaksi perbankan.

“Penerbitan kartu IUMK sendiri di maksudkan untuk mmberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha agar setiap uasahanya di anggab legal,” ucapnya.

Penerbitan kartu IUMK ini sebagai langkah pemerintah dalam pemberian layanan yang terintegrasi pada pelayanan jasa keuangan Bank kepada para pelaku usaha kecil dan memberi kemudahan bagi para pelaku usaha mikro kecil dalam memperoleh pembiayaan dari perbankan, tambah Moh. Noeroel Fadjari.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ir. Meyriyani Madjid mengatakan, “pelaku usaha yang sudah memegang kartu IUMK  akan lebih mudah mendapatkan akses pembiyaan untuk mengembangkan usahanya tanpa jaminan, dengan batas Rp 25 juta sampai Rp. 50 juta per orang,” tambahnya.

Lanjut dia, para pemegang kartu IUMK, akan mendapat berbagai manfaat, seperti mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yangmendapat pendampingan untuk pengembangan usaha, mendapat kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga Bank, Selain itu, pelaku usaha mikro dan kecil mendapat kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah.

Setelah peluncuran kartu IUMK S. Dg. Nyallu salah satu pengusaha bambu di desa Pakjukukang Kabupaten Bantaeng sangat senang dan bangga setelah mendapatkan kartu IUMK,.

“Saya merasa senang dan bangga karena pemerintah Daerah sangat peduli terhadap pegusaha kecil, dulu kalau saya butuh modal harus ada jaminan surat tanah atau surat kendaraan, namun hadirnya kartu IUMK dengan mudah mendapatkan modal usaha dengan suku bunganya 0%,” tandas Nyallu.

Penulis: Wiwin

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.