28 Calon Bawaslu Sulsel Ikuti Tes Wawancara

oleh -199 views

MAKASSAR– Sebanyak 28 Calon Anggota Bawaslu Sulsel mengikuti Tes Wawancara yang dilaksanakan tanggal 25 s.d 26 April 2018 di Hotel Demilia. Hal ini disampaikan Ketua Timsel Bawaslu Sulsel Prof. Dr. H. Anwar Borahima, S.H., M.H., disela-sela pelaksanaan tes wawancara hari kedua, Rabu, (26/4/18).

Sebelumnya, Selasa 25 April 2018, telah dilaksanakan tes hari pertama yang diikuti 14 peserta, dan hari ini kembali tes dilaksanakan dengan jumlah peserta yang sama yaitu 14 orang. Sebagaimana diketahui bahwa, yang mengikuti tes wawancara adalah mereka yang telah dinyatakan lulus seleksi tahap kedua setelah mengikuti tes tertulis (CAT) dan tes psikologi.

“Akumulasi nilai dari kedua tes tersebut inilah yang ditetapkan sebanyak 28 orang untuk mengikuti tahapan ketiga yaitu tes kesehatan dan wawancara,” ujar Guru Besar Fakultas Hukum Unhas ini.

Sementara itu, sekretaris Timsel, Nurjannah Abna menambahkan bahwa, 28 calon anggota Bawaslu ini sebelumnya telah mengikuti tes kesehatan di RS Bhayangkara pada tanggal 23 dan 24 April 2018, dilanjutkan tanggal 25 hingga 26 April untuk mengikuti tes wawancara dengan kesempatan yang sama.

Timsel yang terdiri atas lima orang, (Anwar Borahima, Nurjannah Abna, Zulkifli Aspan, Laode Salama, Andi Ahmad Yani) secara bergantian mengajukan pertanyaan kepada setiap peserta dengan materi berkisar pada penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, sistem hukum, sistem politik serta peraturan perundang- undangan mengenai pemilu, integritas diri, komitmen dan motivasi, kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama, kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi dan pengetahuan lokal dengan alokasi waktu satu jam.

Selain itu juga dilakukan klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat (baik/buruk).

Materi yang diajukan ke setiap peserta sama contennya, hanya dalam pengajuan pertanyaan ada variasi.

“Pertanyaan yang diajukan jelas berbeda dan kami mengejar dan menggali informasi yang dimiliki berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan yang diberikan,” ujar Dosen UMI ini.

Disinggung tentang kapan diumumkan dan jumlah yang akan diterima, Kepala Humas UMI ini menambahkan bahwa pengumuman tahap ketiga ini

” Insya Allah pada tanggal 28 April 2018 dan jumlah yang akan diterima mengacu pada aturan 2 x kebutuhan, jumlahnya 14 dengan rincian 2 x 7 orang kebutuhan,” ujarnya. (*)

loading...
loading...