47 perwira penyidik Tindak Pidana Tertentu di lingkup Lantamal VI dilantik

oleh -148 views

PhotoGrid_1458715173659Makassar– Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E.,M.M., mengambil sumpah Perwira penyididik Tindak Pidana tertentu di Laut Tahun 2016 kepada 47 perwira penyidik di jajaran Lantamal VI di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI Makassar, Rabu,(23/03/2016).

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 21 Maret 2016 dan berakhir pada tanggal 23 Maret 2016 hari ini dan diikuti oleh para perwira TNI Angkatan Laut yang bertugas wilayah kerja Lantamal VI meliputi Balikpapan, Banjarmasin, Kotabaru, Sagatta,Palu, Kendari, Mamuju dan Posal-posal. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dukungan optimal bagi pelaksanaan tugas pokok TNI AL pada umumnya dan Lantamal VI khususnya kepada para perwira penyidik.

Dalam amanatnya Danlantamal VI mengharapkan kepada 47 Perwira yang telah mengikuti kursus sebagai Perwira Penyidik Tindak pidana tertentu di Laut dapat memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan tugas di lapangan serta mengandung makna sebagai suatu ikrar kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk bertindak jujur, benar, adil dalam menjalankan tugas sebagai Perwira Penyidik TNI Angkatan Laut.

Lebih Lanjut dikatakan, jabatan sebagai penyidik bukan pekerjaan baru, juga bukan merupakan jabatan profesi semata, namun penyidik dituntut untuk mampu mencapai tingkat profesionalitas dalam penyidikan tindak pidana tertentu di laut.

“Penyidik dalam melaksanakan tugasnya selain harus berdasarkan alat-alat bukti yang sesuai dengan ketentuan Undang-undang, harus juga memperhatikan rasa keadilan, untuk itu pelaksanaan tugas harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dengan memenuhi aspek sosiologis, filosofis dan yurudis” ujarnya.

Selain itu menurut orang nomor satu di Lantamal VI , ada beberapa penekanan yang harus dilaksanakan dan dipedomani antara lain, tingkatkan jati diri dan naluri keprajuritan Matra Laut dengan berpegang kepada Pancasila dan UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut,

“Mantapkan pengetahuan di bidang hukum guna menunjang tugas TNI Angkatan Laut, dan kembangkan kerjasama serta koordinasi yang baik dengan penegak hukum di wilayah masing-masing serta pegang teguh dan pertahankan kewenangan TNI Angkatan Laut selaku komponen utama kedaulatam dan Hukum di Laut”, jelas Danlantamal VI.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji, Para Asisten Danlantamal VI, Kadis/Kasatker Lantamal VI Para perwira Lantamal VI. (Kadispen Lantamal VI Kapt Laut.

(KH Suparman Sulo)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.