500 Prajurit Berkuda Kerajaan Tallo Bakal Meriahkan Hari Jadi Kota Makassar

oleh -539 views

images(18)-1-1-1Makassar– Sebanyak 500 prajurit berkuda “tobarani” dari kerajaan Tallo akan memeriahkan peringatan Hari Jadi kota  Makassar ke 407 yang jatuh pada tanggal 9 Novembermendatang. Pasukan berkuda akan menjadi bagian kegiatan Kirab/Parade Budaya yang juga akan diikuti komunitas empat Etnis di Sulsel ditambah Etnis Cina Dan Arab yang banyak bermukim di kota daeng ini.

Dalam rapat panitia persiapan perayaan HUT Kota Makassar, Selasa (23/9) di ruang pola terungkap bahwa perayaan tahun 2014 ini akan lebih spektakuler dari tahun-tahun sebelumnya. Sekretaris kota Makassar Ibrahim Saleh yang bertindak selaku Ketua panitia menyatakan rangkaian kegiatan HUT Makassar telah dimulai sejak tanggal 7 November dengan menggelar berbagai lomba termasuk lomba cipta lagu daerah yang dikaitkan dengan program Cinta Makassar.

Selain kirab budaya, panitia juga akan menggelar pawai Kendaraan hias yang mengangkat Tema Budaya Makassar yang dikaitkan dengan tagline I LOVE MC (Makassar City).

Kirab akan digelar pada tanggal 9 November 2014 dengan mengambil rute start di Lapangan Karebosi – Sudirman – Haji Bau dan berakhir di pelataran Pantai Losari. Parade ini sendiri digelar usai acara inti peringatan HUT yang ditandai dengan upacara di lapangan karebosi Makassar.

“Yang membedakan dengan upacara peringatan HUT sebelumnya, seluruh peserta upacara akan mengenakan pakaian adat dari seluruh etnis yang ada di Makassar. Dalam upacara nantinya juga akan diisi dengan orasi Walikota yang memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah diraih kota ini,” kata Ibrahim Saleh.

Hal ini,  katanya, bertujuan untuk menumbuhkan kembali kecintaan warga kota akan tradisi dan budaya daerahnya.
Peserta parade dan kendaraan hias yang akan memeriahkan kegiatan selain SKPD Pemkot, Camat dan Lurah,  pihak swasta, SMA/SMK/SMP,  UKM Seni berbagai universitas dan berbagai komunitas yang ada di Makassar.

Selain kirab/parade budaya,  kegiatan lain yang akan digelar yakni Bazaar akbar selama 3 hari,  jumat – minggu (7-9 November), lomba cipta lagu daerah pada 7 November, lomba baju adat dan tari daerah pada 8 November serta puncak acara pada 9 November malam dengan gelaran  Pesta rakyat di pelataran pantai Losari.  tanggal 9 november malampukul 19.00 wita hingga selesai.

Hal lain yang juga unik dalam peringatan HUT kali ini yakni rencana gelaran Pesta Kanal yang akan melibatkan seluruh kecamatan dan kelurahan yang akan diisi dengan kegiatan hiburan rakyat dan pagelaran seni serta kuliner di sepanjang kanal yang ada di kota Makassar.

“Ini sekaligus menjadi ajang untuk mensukseskan program pemerintah kota yakno Makassar ta Tidak Rantasa dan Gerakan Bersih Kanal,” kata Asisten III Burhanuddin selaku Ketua II kegiatan.

Peringatan HUT Makassar tahun 2014 ini adalah yang pertama kali pasangan Danny Pomanto -Syamsu Risal selaku Walikota dan Wawali. Untuk informasi pendaftaran peserta kirab budaya dan parade mobil hias telah di mulai sejak 1 September – 7 Nov di sekretariat Kota Makassar dan dinas Pendidikan kota.(HK/RG)

 

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.