A. Etus Mattumi: PT. Eastern Pearl Flour Mills Langgar HAM

oleh -698 views

MAKASSAR– Aksi penuntutan hak kerja yang digelar puluhan buruh bersama aktivis mahasiswa menilai PT. Eastern Pearl Flour Mills (Pabrik Terigu), mengkebiri hak pekerjanya dengan dalih mengoutsourchingkan tenaga produksi atau dipihak ketigakan (vendor) dalam sistem tender dan dalam masa peralihan kontrak.

Pendamping buruh, yang juga Ketua KP-GRD, A. Ethus Mattumi menjelaskan, pihak perusahaan tetap mempekerjakan pekerja namun tidak membayar upah pekerjanya.

“Kemudian pihak perusahaan melakukan PHK 130 pekerja secara sepihak. Ini jelas melanggar UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan terkait upah dibayar,mengoutsourchingkan tenaga produksi,” jelas Etus, dalam rilisnya, Sabtu (28/4/18).

Dipaparkan, pelanggaran lainnya terhadap KEPMENAKER No.100 tahun 2004 tentang peralihan dari Pekerja Kontrak Waktu Tertentu (PKWT) menjadi Pekerja Kontrak Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) atau pekerja tetap.

“Salah satu HRD Senior Manager atas nama Ibu Kristiani dalam perundingan di DISNAKER Kota Makassar mengeluarkan statement yang mengerucut bahwa perusahaan tidak bertanggung jawab terkait persoalan ini,” jelasnya.

Bukti pelecehan Hak Asasi Manusia (HAM), lanjut aktivis ini, sebab secara tidak langsung pihak perusahaan memperjualbelikan pekerja dengan pihak vendor. (*)

loading...
loading...