74 personil di Polres Matra naik pangkat

oleh -247 views

Indotimnews– Belum lama ini, Polres Mamuju Utara (Matra) menggelar Upacara Raport Kenaikan Pangkat yang dilaksanakan di Wisata Pantai Tanjung Babia, Kabupaten Mamuju Utara, Sulbar.

Pada upacara ini, bertindak selaku komandan upacara adalah Iptu.Suparman, Perwira Upacara adalah Kompol.Haking dan Inspektur Upacara adalah Kapolres Mamuju Utara AKBP.Yanuar Widianto,SIK.

Terdapat 74 personil Perwira dan Personil Polres Matra yang dilantik dalam Upacara tersebut dan dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

Upacara dihadiri oleh seluruh personil yang dilantik dan dinaikkan pangkatnya dengan didampingi oleh istri / Bhayangkari masing-masing, para perwira, personil lainnya serta para tamu undangan.

Dan menjadi pemandangan menarik dan memiliki nilai tersendiri dimana upacara kenaikan pangkat ini dilaksanakan diluar dari hal yang biasa, yakni di lokasi wisata kawasan pantai Tanjung Babia.

Sesuai keterangan Kapolres Mamuju Utara bahwa upacara ini digelar dan dilaksanakan justru di lokasi wisata kawasan pantai Tanjung Babia, mengandung makna dan maksud yakni sebagai tanda ikatan batin antara personil Polri dengan alam sekitar, sebagai bentuk kepedulian sosial dan wujud perpolisian masyarakat terhadap masyarakat pesisir dan kebersihan lingkungan kawasan wisata pantai, sekaligus sebagai wujud rasa syukur kita sebagai ummat beragama yang diberikan keindahan alam oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kita seharusnya semakin merendahkan diri dihadapanNYA dan dapat saling berbagi dengan lingkungan alam sekitar kita, sekaligus sebagai kebanggaan tersendiri bagi personil yang dinaikkan pangkatnya,” ucap Kapolres Matra.

Selain itu Kapolres Mamuju Utara menyampaikan beberapa pesan penting terhadap personil yang naik pangkat antara lain :
– senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
– Senantiasa menjaga solidaritas dan identitas serta jatserta jati diri sebagai anggota Polri
– senantiasa berbangga dan bersyukur atas segala karunia yang telah diberikan Tuhan YME termasuk kenaikan pangkat, sehingga mewujudkannya dalam bentuk kinerja operasional tugas yang lebih baik, membanggakan dan mencerminkan kepribadian pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat
– senantiasa mengembangkan diri melalui prestasi dan kinerja yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Kegiatan inipun dilanjutkan dengan ramah tamah berupa pemberian ucapan selamat kepada masing-masing personil bersama Bhayangkarinya, dilanjutkan aksi cebur ke laut oleh seluruh personil yang dinaikkan pangkatnya, giat aksi bersih kawasan pantai yang menjadi objek wisata di Matra tersebut.

Kegiatan dimeriahkan pula dengan pelaksanaan beberapa lomba yakni :
– Joged Dangdut berpasangan menggunakan buah Jeruk,
– Lomba Tarik Tambang,
– Lomba Pasang Atribut oleh Ibu Bhayangkari oleh Bhayangkari
– Lomba Mengantar bola menggunakan buah terong yang diikat di pinggang
– Lomba Isi air dengan menggunakan wadah gayung dan Galon (yang diisi dengan air laut)
Rangkaian lomba tersebut disiapkan oleh para Ibu Bhayangkari Pengurus Cabang Matra selaku panitia lomba sebagai bentuk kepedulian dan kebahagiaan bersama dalam acara ini, lomba diikuti pula oleh seluruh personil yang dinaikkan pangkatnya bersama dengan bhayangkari.

Rangkaian kegiatan kesemuanya secara umum mengandung maksud dan tujuan antara lain :
– sebagai ikatan persaudaraan dan tali asih Polri dengan lingkungan / alam sekitar, kepedulian terhadap lingkungan hidup
– sebagai ungkapan rasa syukur yang tak henti atas segala karunia dan Rahmat Tuhan YME
– sebagai bentuk kasih sayang sang Bhayangkari terhadap tugas dan pengabdian sang Bhayangkara negara
– sebagai bentuk solidaritas anggota Polres Matra dalam pelaksanaan tugas yang senantiasa didukung dan didampingi oleh Bhayangkari.

Kegiatan berjalan lancar dan khidmat yang ditutup dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba oleh Kapolres bersama Kapolres bersama ibu, Wakapolres 4 ibu dan perwira Polres Matra.

Laporan A.Gusthi/ Mihardi

loading...
loading...