Ada pengadaan lampu jalan di PU Makassar, sayang tidak transparan, mengapa?

oleh -153 views
Ilustrasi
Ilustrasi

Makassar– Guna mewujudkan program Pemerintah Kota Makassar, sebaagai kota yang terang, mulai dari jalan porons hingga ke setiap lorong, maka dilakukan pengadaan lampu jalan untuk TA. 2016 dengan sumber dana APBD.

hal itupun diamini warga kota ini, dan publik di Makassar menginginkan jika pengelolah anggaran, Dinas Pekerjaan Umu (PU) Kota Makassar lebih transparan untuk menghindari berbagai kemungkinan maupun opini negatif.

Berdasarkan informasi yang dihimpun indotimnews.com, bahwa pada TA.2016 ini, Pemkot telah menyiapkan 3000 titik yang akan menerangi berbagai ruang di kota ini, termasuk lorong-lorong dengan anggaran miliaran rupiah.

Sumber media ini yang juga salahsatu kontraktor menyebutkan, bahwa anggaran pengadaan lampu jalan tersebut dipecah menjadi beberapa paket, sehingga pengadaan ini akan dilakukan dengan menerapkan pola penunjukan langsung (PL).

“Pengadaan ini dilakukan cara penunjukan langsung kayaknya 1 paket dialokasikan untuk 20 titik dengan nilai anggaran 180 juta sehingga dilakukan dengan cara PL,” ucap sumber media ini yang enggan namanya dimediakan.

Menangggapi kebijakan pengadaan untuk kepentingan Kota Makassar, Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas waspan RI), berharap pihak Dinas PU Kota Makassar, bisa transparan ke publik akan pengelolaan anggaran pengadaan lampu jalan yang sudah akan dimulai.

“Publik tentunya ingin mengetahui pengelolaan anggaran yang mencapai miliaran rupiah yang dipecah sehingga proses lelang atau pengadaannya dilakukan dengan cara PL. Apalagi anggaran tersebut sumber dananya APBD Kota Makassar,” ucap Sekertaris Komnas Waspan RI, Nasution Jarre, Selasa (19/4).

Sementara itu, kepala Disas PU Kota Makassar, Ir. Ansar, yang berupaya dimintai komentar terkait dengan proyek pengadaan lampu jalan tersebut, enggan memberi jawaban, kendati kerap dimintai tanggapan via telepon selularnya (watshap).

bersambung

Penulis: Zulkifli Malik

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.