Aksi Demo HMI di Pelantikan Anggota DPRD Baru, Ricuh

oleh -282 views

images(320)-1Pelantikan Anggota DPRD Sinjai diwarnai aksi unjuk rasa puluhan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sinjai, Kamis (20/11). Aksi yang berlangsung di depan gedung DPRD tersebut berlangsung ricuh. Bahkan diwarnai aksi saling dorong antara mahasiswa pengunjuk rasa dan petugas hingga berbuntut pada pemukulan terhadap pengunjuk rasa.

Aksi dorong terjadi karena pengunjuk rasa yang berusaha masuk ke dalam gedung tempat pelantikan dihadang oleh petugas. Bahkan massa tidak mampu menembus barikade ketat petugas pengamanan gabungan Aparat Polres Sinjai, Satpol PP, Anggota TNI dan Dinas Perhubungan.

Ikhsan, salah seorang anggota HMI, mengatakan aksi yang dilakukan mahasiswa adalah aksi damai, yang ingin menyuarakan aspirasi masyarakat dan mengingatkan janji-janji politik anggota dewan terpilih.

“Kami kecewa dengan sikap refresif aparat yang melarang kami masuk dan bertemu dengan anggota dewan terpilih. Padahal kami hanya ingin menyampaikan aspirasi kepada para wakil rakyat yang baru,” ujarnya.

Bahkan Iwan, salah seorang mahasiswa yang sedang menyampaikan orasi dipaksa berhenti dan ditarik turun dari mobil. Iwan juga sempat terkena pukulan oknum aparat kepolisian.

Menyikapi tindakan refresif aparat tersebut, pihak mahasiswa mengecam dan mendesak Kapolres Sinjai untuk mengusut tuntas kasus tersebut dan menindak oknum anggotanya.

“Kami mendesak kepada Kapolres Sinjai untuk menindak dan memberi sanksi kepada oknum anggotanya yang melakukan pemukulan,” Kata Iwan.

Menyikapi kisruh tersebut, salah seorang anggota DPRD terpilih Abdul Salam Dg Bali mencoba berdialog dengan mahasiswa dan memberikan ruang dialog setelah selesainya acara pelantikan.

“Insya Allah setelah pelantikan kami akan terima aspirasi adik-adik mahasiswa karena ini menjadi bagian dari tugas kami di lembaga legislatif,” ujar salah satu anggota dewan yang kembali terpilih tersebut.

Di akhir acara pelantikan, akhirnya anggota DPRD terpilih menerima aspirasi mahasiswa. Beberapa point penting aspirasi mahasiswa yakni mengawal realisasi program dan kegiatan dalam APBD pokok 2015 yang telah ditetapkan sehari sebelumnya oleh anggota DPRD periode 2009-2014. (Egy)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.