Home / Indotimnews / Aktivis pro demokrasi minta KPU Papua teliti verifikasi dokumen cagub JWW

Aktivis pro demokrasi minta KPU Papua teliti verifikasi dokumen cagub JWW

JAYAPURA– Aktivis pro demokrasi Papua, Yan Matuan meminta kepada pihak KPU Provinsi Papua untuk lebih cermat dan teliti dalam hal melakukan verifikasi dokumen dari calon gubernur Papua, John Wempi Wetipo (JWW).

“Itu karena saya menduga pasangan JWW telah mendaftar ke KPU dengan menggunakan gelar palsu,” kata Yan Matuan kepada Jubi melalui pesan Whatsapp, Jumat, 12/1/2018).

Ia menjelaskan, pada Pilkada Kabupaten Jayawijaya tahun 2008 JWW pernah mendaftarkan diri sebagai calon bupati dengan gelar akademik S. Sos, M. Par.

“Yang kemarin JWW daftar ke KPU Provinsi tidak lagi pakai gelar S.Sos, M.Par, tetapi dengan gelar SH, MH,” ungkapnya.

Menurut dia, hal ini perlu ada klarifikasi ke publik dari pihak penyelenggara Pilkada maupun dari pihak yang bersangkutan. Agar tidak terkesan ada pemalsuan dokument
atau pembohongan publik dari pejabat negara.

“Kami juga akan menyurakat resmi ke pihak KPU Provinsi, Bawaslu, DPRP dan MRP terkait hal ini sebagai aduan dari masyarakat,” ucap aktivis Anti Korupsi Papua ini.

Langka ini penting dilakukan agar publik tidak lagi kecolongan salah persepsi dan memilih pemimpin yang tidak cerdas dan tukang tipu.

Rekan lainnya, Yulianus Mabel menyampaikan, KPU selaku institusi penyelenggara pemilu mestinya kerja proposional, profesional, independent dan mandiri.

“Jangan ada pengaruh dan tekanan dari pihak kandidat atau pihak lain yang berkepentingan langsung dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serentak tahun ini,” kata dia. (ABY)

loading...