Home / ADVERTORIAL / Andi Artiningsih, Dosen FTI UMI Raih Doktor, Mendapat Pujian dari Tim Penguji

Andi Artiningsih, Dosen FTI UMI Raih Doktor, Mendapat Pujian dari Tim Penguji

MAKASSAR– Dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia, Andi Artiningsih raih gelar Doktor dalam bidang Teknologi Kebumian dan Lingkungan pada program studi Teknologi Kebumian dan Lingkungan Sekolah Pascasarjana, Fakultas Teknik Unhas, setelah berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan 7 orang penguji yang berlangsung di Gedung JK CSA Buildin Lantai 3 Kampus Teknik Unhas, Gowa (25/6), yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan. Fak. Teknik Unhas, Dr. Ir. Muh. Arsyad Thaha, MT.

Artiningsih dalam presentasi disertasi mendapat pujian dari co.promotor atas usaha dan kerja keras, disiplin, ulet dan tabah dalam melaksanakan penelitian tanpa lelah. Terbukti saat kami bersama ke TPA promovenda tidak mundur meskipun bau menyengat, meski 5 lapis alat untuk menutup mulut. namun beliau tetap semangat, untuk melanjutkan penelitian. Saya apresiasi atas semangat dan usaha kerja promovenda, ujar Prof. Dr.rer.nat. Ir. A.M Imran

Judul Disertasi, Perilaku Logam Berat dan Mikroorganisme pada Tanah TPA Sampah Antang, yang dilakukan dengan pengambilan sampel terbagi atas 4 line, bertujuan untuk menentukan distribusi, konsentrasi dan perilaku
mikroorganisme serta logam berat pada tanah TPA sampah Antang, mengetahui pH tanah yang terdapat di sekitar TPA sampah Antang, jelas Kepala Lab.Kimia Dasar Fakultas Teknologi Industri UMI ini mendapat nilai sangat memuaskan yang dibacakan Ketua Sidang yang juga Dekan Fak. Teknik Unhas.

Artiningsih menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah populasi dan jenis bakteri pada tanah TPA sampah Antang telah menyebar pada permukaan tanah (topsoil) baik secara literal dan vertikal, pada setiap line, jarak dan kedalaman secara runut, line ( B, C, D, dan A). Isolasi dan identifikasi bakteri dilakukan dengan pengamatan morfologi, fisiologi, pewarnaan gram dan uji biokimia.

Artiningsih mengurajkan dari hasil penelitian yang dilakukan direkomendasikan dua hal,
hasil penelitian belum mendeteksi keberadaan semua jenis bakteri pada setiap line di TPA sampah Antang dan kedalaman secara vertikal maupun lateral karena masih menggunakan cara konvensional. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengisolasi dan mengindentifikasi bakteri secara autometik sehingga jenis bakteri yang dihasilkan lebih bervariadi dan lebih akurat. Untuk pemerintah kami mengusulkan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menanggulangi pencemaran tanah yang telah melewati nilai baku mutu lingkungan yang ditetapkan oleh Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia.

Promosi Doktor yang berlangsung hidmat, tim penguji masing-masing: Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Prof. Dr Abd. Wahid Wahab, Msc., Dr. Ir. Fauzi Arifin, MSi., Dr. Eng. Asri Jaya HS., ST., MT., Tim Promotor, Prof. Dr. Ir. Hazairin Zubair, MS., Prof. Dr. rer.nat. Ir. A. M. Imran., dan Dr. Phil. Nat Sri Widodo, ST., MT.

Nampak hadir dari UMI, Wakil Ketua Pendidikan YW UMI, Prof. Dr. Hj.Masrurah.Mokhtar, MA., Ketua MT.Ukhuwah UMI, Dr. Hj.Amirah Kallabe, SE., MM., Dekan Fak. Teknologi Industri UMI, Dr. Ir.H. Zakir Sabara ST., MT., Asean.Eng., Jajaran Pimpinan, Dosen, Karyawan FTI., Tim 9 UMI, Pengurus MT. Muslimah Kompleks UMI., keluarga dan teman sejawat.

loading...