Andi Maddusila pegang kunci Pusaka Kerajaan Gowa?

oleh -189 views
A. Maddusila (int)
A. Maddusila (int)

Sungguminasa– Proses penelusuran keaslian benda-benda pusaka di museum Balla Lompoa menemui kendala. Pasalnya, kunci museum tak lagi dipegang Andi Makmun Bau Tayang Karaengta Bontolangkasa.

Pemerintah Kabupaten Gowa, selama ini memang mempercayakan ke Makmun melalui SK resmi untuk memegang kunci museum. Namun Kamis 25 Mei malam, Makmun diduga menyerahkan kunci museum ke Andi Maddusila dengan alasan sakit.

Kepala Kesbangpol Gowa, Kamaluddin Serang, sebagai salah satu anggota tim investigasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kunci itu saat ini memang sudah ditangan Andi Maddusila.

“Kami tidak bisa masuk melanjutkan investigasi karena kunci saat ini dipegang oleh Andi Maddusila. Itu setelah keluarga Karaengta Bontolangkasa melakukan rapat, dan memutuskan Karaengta Bontolangkasa untuk sementara tidak mampu lagi mengemban amanah itu,” ucapnya, Jumat 27 Mei.

Penyerahan kunci itu sendiri dibuktikan dengan surat pernyataan dari dua pihak antara Maddusila dan Makmun. Dalam surat itu disebutkan, Andi Maddusila telah menerima kunci peti besi (brankas) tempat penyimpanan benda pusaka kerajaan Gowa dari Andi Makmun Bau Tayang Karaengta Bontolangkasa.

Di dalam surat itu juga disebutkan, jika kunci itu akan dikembalikan saat kondisi kesehatan Makmun pulih kembali. (*)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.