Antisipasi banjir, Dinas PU lakukan pengerukan Wilayah Barat Makassar

oleh -284 views

Indotimnews– Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, melakukan kebut pengerukan saluran air sepanjang 350 meter di wilayah barat kota ini.

Beberapa titik saluran air menghubungkan Jalan Timor, Jalan Nusakambangan, Jalan HOS Cokroaminoto hingga ke drainase utama Jalan Wahidin Sudirohusodo, dikeruk.

Menurut Kepa Dinas (Kadis) PU Makassar, Muhamad Anshar, wilayah ini dikerja sejak 3 Februari lalu dan ditargetkan rampung awal atau pertengahan Maret mendatang.

Tingginya sedimentasi di sepanjang jalan membuat proses pengerjaan memakan waktu cukup lama.

“Tapi kita upayakan rampung satu bulan. Awal Maret atau pertengahan diupayakan sudah bisa kelar,” ujar Kadis PU Makassar, Sabtu (11/2/2017).

Pengerukan di wilayah barat kota lanjut Anshar, kegiayan ini merupakan tahap lanjutan dari proses pengerukan yang dilakukan sepanjang 2016 hingga awal 2017. Pengerukan telah menyentuh di hampir 14 kecamatan secara merata.

Dinas PU mengkalkulasi, pengerukan saluran air sejak 2016 telah menurunkan level genangan dan potensi banjir secara signifikan.

“Sedimentasi saluran yang cukup tinggi terjadi di tahun-tahun sebelumnya diklaim mampu diatasi dalam setahun terakhir,” cetusnya.

Anshar menyebutkan, proses pengerukan biasanya memakan waktu karena pembongkaran plat saluran. Apalagi di sepanjang Jalan Timor, Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Jalan Nusakambangan dan Jalan Cokroaminoto, banyak permintaan pembongkaran plat dari warga.

“Sesuai target kita, Maret nanti sudah bisa rampung. Ini akan terus berlanjut pada titik-titik lainnya, terutama pada wilayah yang mengalami sedimentasi parah,” kunci Anshar.

Laporan Andi Gusthi

loading...
loading...