Area Pelabuhan Belang Belang Dipersiapkan Untuk Peti Kemas

oleh -147 views

images(4)Indotimnews.com– Dermaga III yang dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di areal Pelabuhan Belang Belang Kabupaten Mamuju sejak tahun 2014 dipersiapkan menjadi dermaga pelabuhan peti kemas.

“Telah banyak investor dan pengusaha yang masuk di Sulbar semuanya mengeluhkan sarana di pelabuhan Belang Belang Mamuju karena tidak didukung sarana pelabuhan peti kemas,” kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, pelabuhan Belang Belang Mamuju saat ini memiliki dua dermaga dengan kapasitas 1.000 ton selain itu memiliki dua unit gudang penampungan barang dengan luas lahan lima hektare.

Menurut dia, Pelabuhan Belang Belang Mamuju telah menjadi pelabuhan bongkar muat barang potensi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, dermaga ketiga dibangun pemerintah untuk menjadi pelabuhan peti kemas guna menampung sumber daya alam Sulbar yang akan diperdagangkan keluar daerah.

“Dengan pembangunan infrastruktur tersebut maka perdagangan laut akan semakin lancar, dan Sulbar maju ekonominya,” katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, pembangunan dermaga III pelabuhan Mamuju butuh dukungan pemerintah pusat agar pembangunan dermaga tersebut terus berlanjut setiap tahun tanpa ada kendala masalah penganggaran.

Ia berharap kementrian perhubungan terus mengalokasikan anggaran untuk pembangunan dan perampungan dermaga III pelabuhan tersebut yang diharapkan pembangunannya dapat rampung pada 2016 mendatang.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh sebelumnya juga mengatakan, pemerintah membutuhkan anggaran hingga Rp 126 miliar melalui APBN membangun dermaga tersebut agar rampung dan dapat difungsikan.

Ia mengatakan, pelabuhan Belang Belang sangat strategis karena berhadapan dengan selat Makassar dan berada di tengah pulau Sulawesi. Ini menyebabkan pelabuhan tersebut dapat menjadi pintu masuk perdagangan barang di kawasan Indonesia Timur sehingga perlu terus dikembangkan.

(antarasulsel)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.