Home / Indotimnews / ASP Gelar Aksi “Diam” Geruduk Kantor Gubernur Sulsel

ASP Gelar Aksi “Diam” Geruduk Kantor Gubernur Sulsel

MAKASSAR– Puluhan Mahasiswa gelar aksi “Diam” di depan kantor Gubernur Prov. Sulsel Jl. Urip Sumoharjo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar mengatas namakan diriAliansi Selamatkan Pesisir (ASP) yang dipimpin oleh Muhaimin Arsenio (Jendlap/Ketua ASP Makassar).

Aksi unjuk rasa ini terkait “Tolak Tambang Pasir Laut! Revisi RZWP3K Sulsel.” Selasa (12/03/19) Siang tadi.

Dari pantauan media, Massa aksi
membentangkan spanduk bertuliskan :

– Tolal Tambang Pasir Laut.
– Revisi RZWP3K.

“Tolak Tambang Pasir Laut di dalam perda RZWP3K Sulsel dan Revisi RZWP3K,” tegas Muhaimin selaku Jendral aksi mengatakan dihadapan media.

Dijelaskan, adanya zona pertambangan
pasir laut dan reklamasi CPI di dalam wilayah tangkap nelayan. Di perda ini juga terdapat wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah zona pertambangan diantaranya Spermonde(Takalar, Jeneponto), blok Flores dan blok Palopo.

” Selaian itu perda ini memuat 12 lokasi
pengembangan zona jasa perdagangan.
Seharusnya Perda RZWP3K ini melindungi wilayah tangkap nelayan untuk meningkat ekonomi masyarakat pesisir dan nelayan dengan memberikan hak dasar nelayan untuk mengelola dan memanfaatkan laut,” tegasnya.

“Perlu saya pertegaskan lagi bahwa aktivitas pertambang pasir laut di laut Takalar sangat merusak lingkungan dan menghilang mata pencarian nelayan serta membunuh nelayan pesisir,” cetus Muhaimin.

Menurutnya, terkait dengan pertambangan pasir laut di atur
dalam undang-undang No. 1 tahun 2014. tentang Pengelolaan wilayah pesisir Pasal 35 huruf(i) disebutkan, larangan melakukan penambangan pasir pada wilayah yang apabila secarateknis, ekologis, sosial, dan/atau budaya menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau pencemaran lingkungan dan/atau merugikan Masyarakat sekitarnya. Hal ini sudah terbukti
merusak dan mengorban masyarakat.

Hingga aksi selesai, Massa aksi membubarkan diri dan kembali menuju Sekertariat Walhi untuk melakukan konsolidasi selanjutnya.(WS)

loading...