Ayo, Basmi Pencurian Ikan Illegal di Perairan Sulbar

oleh -227 views

20141231_16_01_20-1Mamuju– Gubernur Sulawesi Barat meminta agar aparat TNI AL dan Polri membasmi praktek pencurian ikan yang dilakukan nelayan asing di perairan Sulawesi Barat.

“Basmi dengan menembak semua kapal nelayan asing yang melakukan praktek Illegal Fishing atau pencurian ikan di perairan Sulbar aparat TNI dan Polri mesti tegas,” kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, kedaulatan laut Sulbar yang berada diselat Makassar mesti dilindungi dari nelayan asing pencuri ikan dengan menindaknya dengan tefas pula.

“Jangan biarkan kekayaan alam laut dicuri, tetapi mesti dimanfaatkan untuk kemajuan ekonomi masyarakat, pemerintah pusat telah tegas kepada nelayan asing dengan memerintahkan menembaknya dan pemerintah di Sulbar juga mendukung itu,” katanya.

Sekertaris Komisi I DPRD Provinsi Sulbar, Sukri Umar juga mengatakan, Sulbar yang memiliki panjang pantai 700 kilometer memiliki laut yang sangat rentan dijarah nelayan asing apalagi kekayaan laut yang terkandung di dalamnya sangat melimpah.

Sehingga ia berharap aparat keamanan terus memaksimalkan pengamanan laut Sulbar dari nelayan asing yang hendak mencurinya.

Pada 2012 lalu satu kapal asing asal Vietnam melakukan praktek ilegal fishing dan ditangkap pihak kepolisian bersama aparat TNI Angkatan laut di Perairan Mamuju 20 mil di wilayah Kepulauan Balakbalakang.

Dari penangkapan itu ditemukan barang bukti berupa 346 penyu yang diduga ditangkap secara ilegal oleh 13 anak buah kapal asal Vietnam.

“Hal seperti itu jangan lagi terulang sehingga memaksimalkan keamanan laut harus dilakukan untuk melindungi kekayaan laut Sulbar,” katanya.(Antarasulsel)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.