Bakal Ada Seminar Batu Permata di Sulteng

oleh -243 views

images(76)Indotimnews.com– – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menggelar seminar nasional tentang batu hias (batu akik) dengan mendatangkan para pakar batu di tanah air.

“Saya sudah programkan, makanya tadi sore saya bertemu dengan asosiasi batu di Palu untuk menginventarisasi industri kecil yang bergerak di bidang batu hias,” kata Awaluddin, Kepala Bidang Industri Hasil Hutan, Kerajinan dan Logam Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng di Palu, Kamis.

Dia mengatakan seminar tersebut rencananya akan dirangkai dengan hari Ulang Tahun ke-52 Provinsi Sulawesi Tengah pada 13 April 2015.

Awaluddin mengatakan seminar tersebut penting mengingat bisnis batu hias dalam beberapa bulan terakhir meningkat tajam.

“Sehingga nanti kita punya pengetahuan yang baik mengenai batu. Selama ini kita hanya mengenal batu khususnya batu lokal menurut perspektif kita,” katanya.

Awaluddin mengatakan dari seminar itu nantinya diharapkan batu alam yang dijadikan batu hias di Sulawesi Tengah dapat disertifikasi sehingga bisa mendongkrak nilai jual batu tersebut.

“Jika memungkinkan kita buat pameran,” katanya.

Dia mengatakan pemerintah provinsi melihat demam batu hias belakangan ini merupakan peluang industri bagi perajin batu sehingga perlu mendapat perhatian.

“Pemerintah provinsi itu sifatnya pembinaan dan membantu sementara kabupaten/kota itu bertindaklangsung sampai pada askes pemasarannya,” katanya.

Demam batu telah melanda hampir semua lapisan masyarakat dari pejabat provinsi, kabupaten/kota, pengusaha, legislatif dan masyarakat umum.

Komunitas pencinta batu di Palu telah menggelar pameran batu pada 7-11 Februari 2015 di pusat belanja Grand Mall Palu.

(Antarasulteng.com)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.