Home / Indotimnews / Balon Gubernur Sulsel, Bro Rivai Ajak Warga Bahu Membahu Atasi Banjir

Balon Gubernur Sulsel, Bro Rivai Ajak Warga Bahu Membahu Atasi Banjir

Makassar – – Bakal Calon (Balon) Gubernur Sulawesi Selatan Rivai Ras mengingatkan dalam menangani banjir bukan berdiskusi namun saling bahu membahu untuk mengatasi banjir.

“musibah banjir di Kota Makassar dan sekitarnya bukan sesuatu yang sekedar kita diskusikan dan berdebat kusir, tapi kini kita cari solusi dan melakukan aksi nyata untuk mencari solusi bersama,” tandas Abdul Rivai Ras yang akrab disapa Bro Rivai, Jumat (22/12/2017).

Menurut Rivai Ras panggilan sapaan Bro rivai menuturkan bahwa banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di setiap kota, bukan hanya di makassar.

“Banjir itu kan merupakan bencana alam yang sering terjadi di banyak kota dalam skala yang berbeda, karena itu kita patut bersyukur adanya banjir juga bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap sebab musabab banjir tersebut.,” tuturnya.

Secara teori lanjut Bro Rivai “banjir dapat terjadi sebab jumlah air yang ada di danau, sungai, ataupun daerah aliran air lainnya yang melebihi kapasitas normal akibat adanya akumulasi air hujan atau pemampatan yang tidak dapat dikendalikan secara baik,” jelas Alumni Teknik Arsitektur Unhas ini.

Ia berharap peristiwa banjir yang berlangsung bisa menjadi pelajaran pemerintah dan masayarakat dimasa akan datang.

“Kedepan pemerintah tentu harus lebih cermat dalam perencanaan pembangunan terkait dengan pengembangan infrastruktur fisik yang terintegrasi dengan jaringan drainase, daerah aliran sungai dan sistem pengendalian banjir yang melintasi canal atau jaringan pembuangan menuju ke laut. Sebaliknya masyarakat harus ikut pro aktif untuk menjaga lingkungan karena ulah manusia dan mengantisipasi potensi bencana karena alam,” jelas pendiri UNHAN yang juga perwira Angkatan Laut ini. (*)

loading...