Bank Indonesia: Bulan Januari Sulsel alami Inflasi 1,12 persen

oleh -139 views

Indotimnews– Bank Indonesia (BI) Wilayah Sulsel mencatat pada bulan Januari 2017, Sulsel mengalami inflasi sebesar 1,12 persen (month to month). Secara tahunan inflasi 2 koma 83 dari tahun ke tahun atau secara kumulatif 1 koma 12 tahun ini.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan Wiwiek Sisto Widayat di salah satu cafe di makassar Kamis (02/02/17) mengatakan, Inflasi Sulsel tersebut secara tahunan lebih rendah dibanding nasional yang tercatat 3 koma 49 persen tahu ke tahun sementara inflasi bulanan nasional tercatat 0 koma 97 persen.

“BI dan pemerintah daerah akan terus memperkuat koordinasi dan menguatkan ketahanan pangan baik di level provinsi maupun kab dan kota terutama ditekankan untuk mengendalikan inflasi dan dampak kelanjutan dari kenaikan harga yang dikendalikan pemerintah,” ujarnya.

Lanjut Wiwiek Sisto Widayat menambahkan tekanan inflasi tersebut lebih banyak berasal dari kelompok harga yang dikendalikan pemerintah terutama dari jasa perpanjangan STNK sebesar 0 koma 29 persen, Tarif Dasar Listrik (TDL) 0 koma 12 persen, dan bbm no koma nol empat persen.

“Tekanan inflasi juga berasal dari bahan makanan yang mengalami gejolak seperti cabe rawit sebesar 0 koma 29 persen, ikan layang sebesar 0 koma 11 persen, dan ikan teri sebesar 0 koma 03 persen,” pungkasnya.

Laporan: Udin

loading...
loading...