Begini Perwira Lantamal VI lepas masa lajang dengan tradisi Pedang Pora

oleh -337 views

PhotoGrid_1463766236299Makassar– Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup SE. MM didampingi Ketua Korcab VI Ny. Endang Yusup bertindak sebagai Inspektur upacara Pedang Pura dipernikahan Mayor Laut (K) Akhmad Syaeful A. Md dengan Sdri. Hastuti bertempat di Gedung Balai Prajurit TNI M. Yusuf. Kamis (19/5).

Upacara Pedang Pora adalah tradisi pernikahan bagi perwira TNI AL yang dilaksanakan dalam rangka melepas masa lajang dengan diiringi rangkaian pedang berbentuk gapura yang dibentuk oleh hunusan pedang dari rekan-rekan perwira atau adik angkatan dari sang mempelai pria

Mayor Laut (K) Akhmad Syaeful A.Md merupakan lulusan Semapa PK angkatan X tahun 2003 yg mempersunting Sdri Hastuti ini melewati lorong pedang berbentuk gapura untuk mengucapkan janji “IKRAR WIRA SATYA” sebagai tanda diresmikannya mempelai wanita menjadi keluarga besar TNI AL dan anggota Jalasenastri.

Makna dibalik simbol dan ritual pedang pora antara lain melambangkan solidaritas, persaudaraan, dan permohonan perlindungan pada Tuhan YME, jajaran pedang dalam pedang pora yang membentuk gapura ketika di lewati kedua mempelai menggambarkan saat di masukinya pintu gerbang kehidupan rumah tangga yang baru .

Turut hadir di resepsi pernikahan, Para Asisten dan para Kadis Lantamal VI serta sejumlah undangan.

(Kadispen Lantamal VI Kapt Laut (KH) Suparman Sulo

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.