Begini strategi pengamanan VIP Presiden RI, Lantamal VI Aspek Laut

oleh -298 views

PhotoGrid_1463630548591Makassar– Untuk meningkatkan kemampuan unsur – unsur TNI AL dalam mendukung operasi pengamanan VVIP aspek pelabuhan dan Laut. Satuan Tugas Pengamanan VVIP Lantamal VI melaksanakan Latihan Pengamanan VVIP Aspek Laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang dilaksanakan di Pelabuhan Soekarno Hatta Kamis (19/05)

Dari skenario yang ada, Presiden  RI  bersama Istri sedang melaksanakan kunjungan ke pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, ketika sedang melakukan wawancara dengan media, tiba tiba sekolompok masyarakat mencoba membuat keributan dengan mendekati RI I. dengan sigap tim pengamanan VVIP Lantamal VI mengamankan RI 1 ke atas  Kapal Angkatan Laut (KAL) Birang selanjutnya di bawa ke Mako Lantamal VI.

Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Yuusuf Setiawan menjelaskan latihan ini merupakan wujud dari upaya untuk membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit dan kesiapan operasional unsur-unsur Lantamal VI  dalam menjaga keterpaduan antar instansi terkait serta untuk menguji kemampuan pengamanan VVIP aspek pelabuhan dan laut.

Pengamanan VVIP pada hakekatnya adalah kegiatan untuk menjamin keselamatan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya dan perwakilan pemerintah asing yang selanjutnya disebut Very-Very Important Person (VVIP) yang melaksanakan disuatu tempat atau daerah.

Diharapkan, seluruh prajurit yang mengikuti latihan ini agar bisa memahami tugas, tanggung jawab serta peran masing-masing secara profesional.

“Setelah latihan ini, seluruh prajurit yang terlibat diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam medan operasi. Mereka diminta mampu menjalin kerjasama antar institusi dan satuan terkait yang menjadi bagian integral dalam pelaksanaan tugas pengamanan VVIP,” tutupnya.

(Kadispen Lantamal VI Kapt Laut (KH) Suparman Sulo

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.