Begini suasana pemilihan Ketua RT 02/RW 01 Kelurahan Sarae

oleh -559 views

Indotimnews– Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 02/RW 01 Kelurahan Sarae Kota Bima, dilakukan layaknya pemilihan umum (Pemilu) presiden.

Pemilihan Ketua RT dilakukan secara langsung dan Aman tanpa adanya protes dari warga, Minggu (29/01).

Nampak, puluhan orang mengantre untuk masuk ke bilik suara untuk memilih salah satu calon ketua RT. layaknya Pemilu Presiden. Bahkan ada sejumlah panitia Pemilu yang dibentuk oleh pengurus RT. Penyelenggaraan Pemilu itu juga dilengkapi dengan bilik suara dan kotak suara yang dibuat secara sederhana dari kardus bekas.

Gambar lima calon ketua RT dipampang di papan pengumuman beserta daftar pemilih tetap (DPT) yang berhak memberikan hak suaranya di pemilihan ketua RT itu.

Panitia pemilihan memanggil satu per satu pemilih yang sudah mengantre di kursi yang disediakan panitia. Pemilih akan mendapatkan selembar kertas yang berisi gambar calon ketua RT. Selanjutnya, pemilih masuk ke bilik suara dan memasukkan kertas suara itu ke kotak suara.

Sekitar 5 jam berjalannya waktu,Akhirnya Pemilihan Ketua RT dari RT 02/RW 01 Kelurahan Sarae, dimenangkan oleh Gunawan Asal putra asli sarae sendiri sekaligus menjabat kembali yang kedua kalinya.

Gunawan mengatakan, pemilihan ketua RT 016 secara langsung ini memang baru pertama kali diselenggarakan. Biasanya, pemilihan ketua RT hanya dilakukan pada rapat RT dan pemilihnya hanya bapak-bapak yang ikut dalam rapat itu.

“Tetapi, di pemilihan RT secara langsung ini seluruh warga yang menjadi terdaftar sebagai pemilih bisa memberikan suaranya,”ungkapnya.

Lanjut Gun nama sapaanya yang biasa dipanggil, kegiatan ini untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat.

“Kepada masyarakat juga saya pribadi mengucapkan terimakasih banyak untuk mempercayai saya yang kedua kalinya menjadi ketua RT di Rt 02/Rw 01 Kelurahan Sarae.
Selain itu untuk harapan saya setelah terpilihnya menjadi ketua RT ini saya akan melanjutkan program yang tertunda ditahun 2016 dan akan saya lanjutkan di tahun 2017,” katanya.

Disampaikan juga kepada warga Rt 02/Rw 01 untuk saling bahu-membahu untuk bersama membantu agar semua yang direncanakan bisa terealisasi.

Laporan:Israt Bima

loading...
loading...