Home / HUKRIM / Belum Tertangkapnya DPO Jentang , LKBHMI Tuding Kajati Sulsel Masuk Angin

Belum Tertangkapnya DPO Jentang , LKBHMI Tuding Kajati Sulsel Masuk Angin

MAKASSAR– Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, mendesak Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulselbar, Tarmizi, agar mundur dari jabatannya.

Hal itu diutarakan Sem Naba, Jendral Lapangan LKBHMI saat menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (28/9/2018) siang.

Pengunjuk rasa menilai , Kejati yang dipimpin Tarmizi dianggap tidak becus menangani perkara kasus dugaan korupsi Buloa, dan sampai saat ini, pihak Kejati belum mampu menangkap tersangka Soedirjo Aliman alias Jen Tang.

Hal ini juga yang membuat LKBHMI Cabang Makassar mengadu ke Kejaksaan Agung agar mengambil alih kasus ini.

Mereka juga menagih janji Kajati Tarmizi yang pernah mengeluarkan statement bahwa; dirinya siap mempertaruhkan jabatannya demi menangkap Daftar Pencarian Orang (DPO) Jen Tang.

“Statemen itu hanya angin lalu supaya rakyat percaya, tapi nyatanya itu sama sekali tidak terbukti. Kasus Jen Tang adalah satu dari sekian banyak kasus yang tidak diselesaikan Kejati Sulselbar,” ujar Sem Naba.

Ia menduga, pihak Kejati Sulselbar ‘main mata’ atau ‘kongkalikong’ dengan Jen Tang, sehingga penanganan kasusnya diperlambat.

Kata dia, Jen Tang yang merupakan konglomerat serta pengusaha besar adalah sosok orang yang kebal hukum.

“Kami curiga, kejaksaan masuk angin dan mendapat fasilitas atau materi dari Si Konglomerat. Jadi untuk membuktikan benar atau tidak, kami tunggu klarifikasi dari Pak Kajati Sulselbar (Tarmizi),” jelasnya.

Ada beberapa tuntutan dalam aksi tersebut, salah satunya adalah meminta Kejati segera menjemput Edy Aliman (anak Jen Tang) yang diduga terlibat dan menggunakan panggilan Kejati Sulselbar.

“Pak Kajati Sulselbar, kami minta agar segera turun secara terhormat dari jabatannya, kami ingin keadilan, Pak. Kejati Sulselbar mandul progres” tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin, mengatakan, pihaknya telah berusaha maksimal untuk menangkap Jen Tang. Apalagi belum lama ini, beredar rekaman video Jen Tang bersama salah satu wanita di bilangan Jakarta.

Oleh karena itu, Robin CH., yang juga salah satu pengurus di LKBHMI Cabang Makassar mengatakan; Dengan ditemukannya ‘Foto dan Video’ Jen Tang yang sedang bersama seorang wanita tersebut, dengan sangat tegas Saya katakan bahwa Kajati Sulselbar Terindikasi Sudah Masuk Angin. (*)

loading...