Home / Indotimnews / Beredar Kabar Hoax Berita Duka Presiden RI ke-3

Beredar Kabar Hoax Berita Duka Presiden RI ke-3

JAKARTA– Sebuah berita bohong, atau hoax, yang menyatakan bahwa Presiden RI ke-3, BJ Habibie, meninggal dunia sempat beredar di media sosial, pada Selasa, 1 November.

Namun kabar tersebut langsung dibantah oleh sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto.

“Dengan beredarnya berita hari ini melalui media sosial tentang wafatnya Bapak BJ Habibie, izinkan kami menyanggah berita tersebut, bahwa berita itu tidak benar,” kata Rubijanto dalam siaran pers yang diterima Rappler.

Menurutnya, kondisi Habibie saat ini dalam keadaan sehat.

“Saat ini beliau sedang berada di Kakerbeck, Jerman, dalam keadaan sehat wal’afiat,” kata Rubijanto.

Sebelumnya, Habibie sempat dilaporkan sakit dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada 3 September 2016 lalu.

Habibie juga sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto pada Maret 2016. Saat itu ia menjalani perawatan untuk infeksi bakteri.

Pria kelahiran 25 Juni 1936 ini juga pernah dilarang keluar rumah karena terserang influenza pada Agustus 2015.

Sebelumnya, pada Oktober 2014, ia juga sempat menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Borromeus, Bandung, karena mengalami sesak napas dan kelelahan usai menghadiri acara pelantikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Diduga munculnya berita Habibie meninggal adalah karena meninggalnya seorang pengusaha, Mochamad Thohir.

Kebetulan, Thohir bertempat tinggal di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, yang merupakan satu lokasi dengan kediaman Habibie.

Pria yang akrab disapa Teddy Thohir ini dikenal sebagai salah satu pendiri grup Astra International bersama almarhum William Soeryadjaya.

Thohir adalah ayah dari dua pengusaha nasional, Boy Garibaldi Thohir dan Erick Thohir. Almarhum juga meninggalkan seorang putri, Rika Thohir.

Ia meninggal pada usia 81 tahun. (*)

loading...