Buku Sosiologi Spasial Perkotaan segera terbit

oleh -183 views

IMG_20150826_190604Makassar– Buku berjudul Sosiologi Spasial Perkotaan (Gagasan dan Pengalaman Empiris), bakal segera terbit. Buku setebal 323 halaman ini termasuk buku pertama yang terbit membahas soal spasial perkotaan dengan segala dinamika dan masalah yang mengitarinya. Demikian ditegaskan penulisnya, Dr Ir Batara Surya, M.Si di Makassar, Selasa 25 Agustus 2015.

Dijelaskan, proses percetakan dan penerbitan sedang berjalan direncanakan akhir September 2015 selesai cetak dan dan rencananyaawal Oktober akan dilakukan peluncuran. Buku ini diterbikan oleh Fahmis Pustaka di Makassar. Penerbit yang cukup banyak menghasilkan buku-buku teks perguruan tinggi serta buku bermuatan kearifan lokal, tandas Batara yang juga Ketua Prodi S2 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Boswa 45 Makassar ini.

Tema yang menjadi fokus penulisan dalam buku ini termasuk di antaranya, dialektika modernitas artikulasi spasial kapitalisme dan rasionalisme tindakan komunitas lokal studi di kawasan pinggiran Daya dan sekitarnya. Selain itu juga membahas soal dinamika perubahan struktur dan pola ruang kawasan pinggiran kota, tandas pria kelahiran 13 Januari 1971 di Lapri Bone ini.

Masalah lain yang juga dibahas yakni seputar perubahan fisik spasial kawasan pinggiran memarginalkan komunitas lokal kasus pada kota baru Metro Tanjung Bunga Kota Makassar. Juga ada memuat pendekatan konsep artikulasi spasial perkotaan menuju perencanaan spasial dan pembangunan keruangan perkotaan berkelanjutan, ungkap doktor sosiologi S3 PPs-UNM 2010 ini.

Buku ini merupakan yang pertama terbit, dengan fokus membahas sosiologi spasial, naskah buku selanjutnya dengan mengupas tema sosiologi spasial kemaritiman dan sosiologi spasial pedesaan dalam waktu dekat akan segera masuk di penerbit dan dilakukan proses editing dan percetakan, tandas ayah Nela Sapila Ramadani Batara dan Muhammad Novel Safran Rafiul Batara ini.

Batara Surya lahir di Bengo Bone 13 Januari 1971. S1 Perencanaan Wilayah Universotas 45 Makassar 1995. Magister Manajemen Perkotaan PPs-Unhas 2001 serta doktor sosiologi perkotaan 2010.Tamat SMAN Cakke 1989. Anggota Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia. Team leader penyusunan rencana pengembangan kawasan pemukiman prioritas Kota Makassar 2010 dan beberapa kota lainnya di pelosok Indonesia. Dua buku sebelumnya sudah terbit yakni, Urbanisasi dan Pertumbuhan Kota (2012) serta Penetrasi Kapitalisme Memarginalkan Komunitas Lokal (2014).

Editor : Andi A Effendy
Penulis : Muh Yahya Mustafa

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.