Bupati Bantaeng Pantau Pilkades serentak yang menggunakan sistem e-voting

oleh -378 views

IMG_20150828_172911Bantaeng– Pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di Kabupaten Bantaeng merupakan pilkades pertama di wilayah Indonesia Timur dengan menggunakan sistem pemilihan elektronik atau bisa disebut Electronic voting (E-Voting), di 9 desa yang tersebar di 5 kecamatan.

Nurdin Abdullah, selaku bupati di daerah ini terjun langsung melakukan pemantauan pilkades tersebut.

“Pelaksanaan pemilihan langsung dengan cara e-voting ini akan menjadi contoh di pilkada karena Bantaeng menjadi kabupaten pertama yang telah menerapkan Perda terbaru berdasarkan amanat undang-undang untuk di wilayah Indinesia Timur, kata Nurdin Abdullah. Jumat (28/8/2015).

Dalam pelaksanan pemilihan kepala desa dengan cara e-voting memang sangat mudah dan ringkas.

jelas bupati, selain ringkas dapat menekan tindak kecurangan dan biaya pelaksanaan pilkades,

“Kabupaten Bantaeng, mulai menerapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) menggunakan sistem elektronik (e-voting) karena dapat  menekan tindak kecurangan dan biaya pelaksanaan pilkades, dan akan menjadi contoh untuk pilkada maupun pilgub yang akan datang,” ungkapnya

Proses perhelatan demokrasi kata Nurdin, nantinya diharapkan akan lebih baik dengan sistem e-voting karena masyarakat tidak perlu lagi mencoblos secara manual dan juga dapat menekan tindak kecurangan serta biaya pelaksanaan.

Sementara Tim pemantau pilkades Hendra dari Lembaga Mitra Indonesia (LMI) mengatakan jika pemilihan pilkades dengan cara e-voting awalnya rumit, namun ternyata sangatlah mudah.

“Masyarakat di desa rappoa kecamatana Pa’jukukang nampak tidak kesulitan melakukan pemilihan dengan tehnologi, teknologi ini lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat serta menjamin proses demokrasi yang berlandaskan langsung umum bebas,  jujur adil dan rahasia, secara keseluruhan sistem ini juga telah disempurnakan dari yang sebelumnya,” terangnya Hendra. (Wn)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.