Home / DAERAH / Bupati Gowa Akan Perluas Masjid Nurul Yasin Hingga 434 Meter

Bupati Gowa Akan Perluas Masjid Nurul Yasin Hingga 434 Meter

GOWA– Masjid Nurul Yasin yang berada di Kompleks Kantor Bupati akan diperluas hingga 434 meter.

Hal itu diungkapkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL, ketika menghadiri pencerahan qalbu Jumat Ibadah sekaligus peletakan batu pertama Masjid Nurul Yasin, di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (6/4/2018)

Ia mengatakan, pembangunan atau perluasan Masjid ini bertujuan untuk menambah daya tampung dari Masjid tersebut agar seluruh ASN bisa melakukan shalat secara berjamaah.

“Kita akan buat dua lantai dengan luas lantai 1 yaitu 204,10 m2 untuk laki-laki dan lantai 2 230,4 m2 untuk perempuan, jadi jumlah luasnya sebesar 434 m2, ini semata -mata kita lakukan untuk menambah daya tampung dari Masjid Nurul Yasin yang kita perkirakan mencapai 530 daya tampung jamaah,” ungkapnya

Selain itu, dirinya membeberkan, saat ini anggaran yang akan digunakan dalam perluasan Masjid Nurul Yasin senilai Rp 1,203 Miliar, dengan total dana yang terkumpul sekitar Rp 140 Juta yang merupakan hasil sumbangan dari ASN Pemkab Gowa.

“Kita tidak menggunakan APBD dalam perluasan masjid ini, tapi kesadaran dan keikhlasan dari masing-masing pihak, ” tambahnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Ketua Panitia Masjid Nurul Yasin, Mundoap, mengatakan perluasan mesjid ini adalah salah satu wujud nyata dari visi Pemkab gowa dalam mensejahterakan masyarakat.

“Jadi ini salah satu cara Pemkab Gowa menunjang kegiatan peribadatan khususnya di lingkup Pemerintah Gowa, ” katanya.

Kendati demikian, meskipun perluasan Masjid dilakukan, Mundoap mengaku Masjid tersebut tetap bisa digunakan selama lantai dua belum dikerjakan, bahkan dirinya menargetkan akan selesai dalam 6 bulan kedepan.

“Kita target estimasi selesai dalam enam bulan dan karena ini perluasan mungkin tetap bisa digunakan sebelum lantai dua itu dikerjakan,” tutur Mundoap.

Olehnya dirinya berharap, dengan diperluasnya Masjid ini seluruh ASN bisa melakukan shalat jamaah, apalagi Bupati Gowa akan membuat edaran setelah Masjid ini selesai.

“Nanti akan ada edaran baru Shalat Jamaah Duhur dan Ashar jadi tidak ada alasan lagi karena Masjid kita sudah luas, ” harapnya.

Turut hadir, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Gowa Muchlis, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Laporan Fandi

loading...