Home / DAERAH / Bupati Gowa Pantau Seleksi Tes CPNS Pemkab Gowa

Bupati Gowa Pantau Seleksi Tes CPNS Pemkab Gowa

Makassar – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memantau langsung suasana tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Gedung Auditorium Kantor RRI Makassar, Jalan Achmad Yani, Senin (5/11/2018) siang.

Tes yang diikuti sebanyak 3.830 pendaftar ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 4 hingga 5 November 2018, dengan pembagian 5 sesi yang masing-masing sesi diikuti sekitar 720 orang.

Untuk sesi kedua hari ini, dan baru diterima hasilnya, dari 720 orang peserta tidak satupun yang lulus dikarenakan nilainya tidak mencukupi, dan pada sesi pertama hanya tiga orang saja yang lulus.

Adnan mengatakan bahwa peserta yang tidak lulus dalam seleksi ini dapat menerima hasilnya, karena semua tes pasti berat, apalagi dengan tes kepribadian itu tidak gampang tentu membutuhkan banyak pengetahuan.

“Olehnya itu, bagi peserta yang belum mengikuti tes, seharusnya mempersiapkan diri secara matang dengan melakukan pra tes, paling tidak kita sudah ada pengetahuan dasar berkaitan dengan soal-soal yang akan kita hadapi, meskipun itu soalnya berbeda tidak ada masalah, yang penting kita sudah banyak referensi dan pemahaman yang kita dapatkan,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa, dari hasil tes CAT pada sesi pertama dan sesi kedua ini, yang berhasil dinyatakan lulus baru dan memenuhi passing grade ada tiga orang.

“Jadi pada sesi kedua yang dilakukan pagi tadi tidak satupun peserta yang dapat memenuhi passing grade dari BKN, sementara pada sesi pertama hanya tiga orang yang dapat memenuhi passing grade tersebut,” ujar Bupati termuda di KTI ini.

Untuk tahun ini, tambahnya, Pemkab Gowa mendapatkan 257 kuota, jika kemudian yang lulus hanya dibawah 100 atau lebih, dan tidak sesuai dengan kuota yang diberikan itu adalah konsekuensi, yang jelas Pemerintah Pusat sudah sangat bagus dan sudah sangat berbaik hati untuk memberikan kuota 257 kepada kita.

“Kalau memang hasil tes dari peserta tidak mencukupi atau sesuai dengan standar kompetensi yang ada, maka kita berharap kedepannya sudah dapat kita capai, dan ini menjadi tugas kita bersama untuk menaikkan Sumber Daya Manusia (SDM) kita kedepan, karena saat tidak ada lagi yang namanya titipan -titipan, ini murni hasilnya, lulusnya peserta saat ini karena dirinya sendiri bukan karena bantuan orang lain,” tegas bupati termuda di KTI ini.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gowa Muhammad Basir mengatakan, tes hari ini dilakukan empat sesi mulai pukul 08.00 Wita hingga 22.00 Wita.

“Para pendaftar CPNS tahun ini akan mengikuti tes sistem Computer Asisted Test (CAT) yang terbagi atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk lolos ke tahapan berikutnya, peserta seleksi harus lolos atau ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Untuk skornya yakni TIU 80, TWK 75 dan TKP 143.

“Khusus untuk formasi Kategori 2 (K2) skor TIU cukup 60 sisanya harus skornya sama,” lanjut Kepala BKPSM Gowa. (Fandi)

loading...