Home / DAERAH / Camat Somba Opu Akan Menjalankan Program STBM

Camat Somba Opu Akan Menjalankan Program STBM

Gowa – Pemerintah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa saat ini tengah mengejar target dalam menjalankan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang merupakan program nasional.

Menurut Camat Somba Opu, Indra Wahyudi Yusuf, STBM ini merupakan program nasional yang lebih spesifik menangani persoalan stunting.

“Kalau program ini berhasil maka akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Salah satunya tidak akan ada lagi anak yang menderita stunting,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa program sanitasi ini akan bersentuhan langsung dengan masyarakat agar mencegah bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya.

“Untuk lebih detailnya persoalan kesehatan dan stunting itu Dinkes yang mengetahui. Kalau kami ini hanya pelaksana dilapangan,” katanya.

Indra bahkan optimis, kabupaten Gowa dalam hal ini kecematan Somba Opu akan menjadi daerah satu-satunya di Sulawesi Selatan yang bisa menjalankan program STBM tersebut.

“Meskipun program ini dalam bentuk swadaya masyarakat, kami akan upayakan program ini bisa berjalan dengan sukses,” ungkapnya.

Indra menjelaskan, bahwa program ini pun sudah berjalan dan pihaknya sudah melakukan sosialisasi ditengah masyarkat. Sebab bulan Januari yang akan datang, Tim penilai dari pusat akan mulai melakukan penilaian.

“Untuk saat ini baru kecematan Somba Opu yang siap menjalankan program ini. Karena memang saya suka dengan tantangan, makanya saya berani untuk menjalankan program STBM,” tutupnya. (*) Fandi)

loading...