Catat! Tiga Kategori SIM C Segera Diberlakukan Ditlantas Polda Sulsel

oleh -154 views
Kasubdit Regident Ditlantas Polda, AKBP Yusuf Usman didampingi Kasi STNK Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Harly

MAKASSAR– Dalam waktu dekat, Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel bakal berlakukan tiga kategori Surat Izin Mengemudi (SIM) golongan pengendara sepeda motor (Roda Dua).

Hal tersebut dijelaskan Kasubdit Regident Polda Sulsel, AKBP Muh Yusuf Usman kepada sejumlah wartawan, Jumat (4/6).

“Pemberlakuan tersebut berdasar pada peraturan Kepolisian No 5 tahun 2021, dan saat ini tengah dilakukan sosialisasi ke masyarakat,” ujar mantan Kasat Lantas Polrestabes Makassar ini.

Dijelaskan, pemberlakuan tiga kategori SIM C disesuaikan dengan besaran Cylinder Capacity (CC) ranmor roda dua yang dikendarai pengemudi sepeda motor.

” SIM C biasa itu berlaku sampai 250 CC. SIM C1 dikategorikan 250 CC sampai 500 CC dan SIM C2 berlaku bagi kendaraan 500 CC keatas,” tegasnya.

Lanjut Yusuf Usman, bagi pilik keNdaraan sesuai spesifikasi yang dimaksudkan wajib mengetahui peraturan yang akan segera dilaksanakan.

“Saat ini kita menunggu petunjuk teknis dari Korlantas dan juga sarana dan prasarana pendukung untuk kegiatan pengkategorian SIM tersebut,” ucapnya.

Sebab itu, ia mengajak pada pemilik kendaraan roda dua Yang masuk dalam kategori yang disebutkan, untuk mengurus SIM, sebab pemberlakukan SIM tersebut menggunakan sistem kredit poin.

Sistem kredit poin ini menjelaskan setiap pelanggaran akan tercatat mulai kategori ringan, sedang dan berat dan di situ ada poin pengurangan.

“ SIM bisa dicabut atau tidak bisa digunakan kembali jika sistem kredit poin ini sudah berlaku dengan maksimal, ” pungkasnya. (Soel)

loading...
loading...