Cegah Plagiarisme, UMI Maksimalkan Turnitin

oleh -108 views

MAKASSAR– Perguruan tinggi sebagai salah satu penghasil ilmu pengetahuan tentunya memiliki tanggungjawab besar untuk memberikan edukasi dan sosialisasi dalam hal pencegahan plagiarisme.

Dengan maraknya kasus plagiarisme yang terjadi saat ini, tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi semua pihak. Olehnya itu, para dosen dan mahasiswa penting untuk memahami pencegahan pratik plagiarisme, dan bagaimana menghargai sebuah karya milik orang lain.

Sehubungan hal tersebut, Perpustakaan Usman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar sosialisasi Repositori dan Turnitin secara virtual yang diikuti oleh seluruh fakultas dalam lingkup UMI, Kamis, (3/6/2021)

Dalam sambutannya, Ketua Perpustakaan Usman Bin Affan UMI Dr. Ir. H. Abd. Karim Hadi, MSc, mengungkapkan bahwa
pada dasarnya, perpustakaan nantinya akan mengeluarkan surat keputusan Rektor UMI terkait dengan bagaimana caranya mengontrol plagiarisme dengan turnitin yang ada di masing-masing fakultas dan program studi yang ada.

“Jadi perpustakaan yang melaksanakan dan mengontrol itu. Jadi bukan dilaksanakan di fakultas tetapi pihak fakultas boleh mengambil satu akun yang ada di perpustakaan untuk digunakan pra-kontrol tetapi keputusannya tetap keluar di perpustakaan, sehingga nanti semua unit yang ada bisa mengesahkan di perpustakaan”, katanya.

Karim Hadi mengatkah, Repositori UMI saat ini menjadi satu-satunya repositori perguruan tinggi swasta di Indonesia Timur yang terdaftar di Rama Ristekdikti dan saat ini Repositori UMI juga sudah terindeks dengan peringkat 130 skala nasional. “Saat ini sementara kita melakukan pengembangan untuk masuk 10 besar di Rama Ristekdikti untuk Repositorinya”. katanya.

Untuk turnitin sendiri, pihaknya mengatakan, akan menerapkan pada bulan ini juga bersamaan di seluruh fakultas dalam lingkup UMI.

“Dengan adanya turnitin Dosen dan Mahasiswa bisa melakukan pengecekan hasil karya tulis mereka apakah terdapat unsur plagiarisme dengan cara mengecek di fakultas masing-masing atau langsung mengirim file ke Repositori UMI, karna saat ini kita juga suda menyiapkan tiap masing-masing Fakultas sudah memiliki satu akun, tetapi administratornya tetap berada di repositori UMI”, ungkapnya.

Yang perlu di-turnitin yang utama adalah skripsi, tugas akhir, tesis dan disertasi. Dan juga jurnal, hasil penelitian para dosen yang ingin mengecek artikelnya dipersilahkan.

“Dan kami juga akan menyiapkan panduan untuk turnitin dan repositori UMI”, kuncinya.

loading...
loading...