Citizen Report: IPMIBAR Gelar dialog peringati Hari jadi Bone

oleh -141 views

IMG_20160406_140253Makassar– Dalam rangka memperingati hari jadi Kebupaten Bone, Ikatan pelajar Mahasiawa Indonesia Bone Barat (IPMIBAR), gelar Dialog Budaya kontemporer.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 05 april 2016 di Warkop Phinisi ini dihadiri ratusan mahasiswa Bone Barat dengan tema “Manusia dan Peradaban di tengah Kompleksitas Zaman”.

Dialog yg berlangsung dengan hikmad tersebut dihadiri oleh pembicara Sopian Tamrin S,Pd, dengan membahas manusia itu adalah penyatuan tubuh dan jiwa yang memiliki tiga unsur yang senantiasa ciptakan konflik internal.

Ketiga unsur yang dimaksudkan yakni epitumia(hasrat),thumos(apeksi/ras,logistikon(rasio).

“ketiga hal ini adalah pertautan antara apa yang kita inginkan, apa yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan,” ungkap Sopian Tamrin.

Dikatakan, semestinya logistikonlah(rasio) yang harus memimpin dalam setiap tindakan manusia.

“Budaya yang ada pada generasi nenek moyang kita lahir dari proses kontemplasi yang amat panjang sehingga melahirkan makna tentang sisi terdalam manusia dan kemudian menjadi suatu bentuk kearifan,local genius dan pappaseng yang bgitu prinsipil dan dipegang teguh masyarakat. sedangkan budaya kontemporer lebih pada ekspresi rasa dan afiliasinya dengan hasrat sehingga konten budayanya menjadi gaya hidup yang berorientasi pada kenikmatan,” terang Sopian Tamrin.

Di akhir dialog Zulfikar, Ketua umum IPMIBAR menyampaikan rasa terimakasihnya pada peserta yang begitu antusias dalam mengikuti jalanya diskusi.

“Kelancaran dialog ini juga tidak terlepas juga dari peran moderator kakanda Rahmat Hidayat,S,Ip,’  terang Zulfikar.

Humas IPMIBAR

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.