Citizen Report: Kisruh Pilkades Batu Lohe, Kabupaten Bulukumba

oleh -167 views

PhotoGrid_1461740562788Bulukumba– Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa Batu Lohe, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, yang dilaksanakan Selasa (26/4), berakhir kisruh.

Pasalnya, ada insiden salah satu keluarga dari calon Kepala Desa (Kades), Sukardi, mengajukan aksi protes  dengan mengatas namakan dirinya anggota salahsatu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Iapun  menuduh panitia pelaksana memberi kartu suara kepada pemilih dan melakukan pencoblosan sebanyak dua  kali dan mengintevensi panitia untuk menghitung kartu panggilan.

Bahkan menurut sejumlah warga Desa Batu Lohe, panitia pelaksana pilkades mendapatkan  untuk dilakukan pencoblosan ulang,  surat suara dan dan lembar yang dicoblos lebih dari ketetapan yang ada. Tentunya,  panitia bersih keras dengan statementnya bahwa surat suara sesuai dengan lembar yang dicoblos.

Ironisnya lagi Ketua Panitia Pilkades mengatakan segala bentuk tuntutan itu harus didasari dengan bukti yang realistis. Sementara itu,  namun pihak yang mengajukan komplain  tidak mampu membuktikan dugaan kecurangan seperti yang ditudingkan.

Sementara dalam hasil rekap ternyata surat suara sesuai dengan jumlah pemungut yang tengah melakukan penceblosan.

Sebelunya juga memanas, karena pihak dari calon kades nomor urut 3 (Sukardi), mengajukan protes agar perhitungan suara dilakukan di Kantor kecamatan Bulukumpa.

Pengirim: Irham Tompo

 

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.