Daeng Ical: PMI Tidak Jual Darah

oleh -536 views

IMG_20140809_162645-1Makassar– Wakil wali kota Makassar, Syasu Rizal MI kembali dilantik sebagai ketua PMI kota Makassar periode 2014-2019. Pada periode keduanya ini, lelaki yang kerap disapa Deng Ical ini menyampaikan beberbagai tantangan yang dihadapinya saat menjabat Ketua PMI sebelumnya dan menegaskan bahwa PMI tidak menjual darah.

“Hal yang berat kami hadapi yakni adanya anggapan masyarakat bahwa PMI jual darah, sedangkan katanya saat donor, pengambilang darah hanya dilakukan cuma-cuma atau gratis”, ucap Deng Ical saat Pelantikan Pengurus PMI Makassar di ruang pola, Balaikota Makassar .

Pengurus PMI Makassar Periode 2014-2019 ini dilantik oleh Ketua PMI Sulsel, Ichsan YL dan dihadiri Wali Kota, Danny Pomanto, Ketua DPRD, Farouk M Betta, Sekda, Ibrahim S, serta segenap SKPD lingkup Pemkot Makassar.

Lebih lanjut, Deng Ical mengatakan bahwa biaya pengolahan darah dari pusat yakni berkisar 360 sehingga untuk satu kantong darah layak transfusi mencapai 410 ribu perkantong.

Menurutnya, biaya yang ditanggung APBD hanya Rp 250 ribu sehigga selisih biaya untuk pengolahan darah membuat PMI Makassar kerepotan dan mesti berusaha sendiri memenuhinya.

Biaya yang mesti disiapkan kata Sayamsu Rizal mulai dari transfusi, sterilisasi, jarum suntik, hingga bahan-bahan kimia yang mesti disiapkan.

Wakil walikota ini mengatakan jika ke depan, pada kepengurusannya yang baru,pihaknya akan melakukan pembenahan, termasuk bagaimana merubah main set masyarakat dan bisa mengerti bahwa darah meang membutuhkan sedikit biaya agar bisa layak ditransfusi.

Secara teknis jelas Deng Ical kemampuan simpan PMI Makassar yakni 800 kantong darah, namun pada bulan ramadhan digenjot hingga 1400 kantong, tapi hanya mampu bertahan 14 hari, sehingga stock darah yang dimiliki sekarang masih dalam kondisi kurang.

Untuk itu Deng Ical telah menyiapkan donor darah stand by dari pihak mahasiswa, dan pelajar yang on call, dapat dihubungi jika ada yang membutuhkan sewaktu-waktu.

Selain itu PMI Makassar juga akan membangun sekret PMI Makassar di Jl. Kandea.(sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.