Danlantamal VI pimpin Upacara Hari Nusantara

oleh -230 views

Indotimnews– Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E.,M.M memmpin langsung upacara peringatan Hari Nusantara tahun 2016 di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Selasa, (13/12/2016.)

Dalam sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia Susi Pudjiastuti yang dibacakan Danlantamal VI menyampaikan Deklarasi Djoeanda pada 13 Desember 1957 merupakan  tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh, dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut internasional. Sehingga melalui pernyataan diri sebagai Negara Kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa. Melalui Deklarasi Djoenda ini pula, maka prinsip-prinsip wilayah laut negara kepulauan kemudian diterima, sehingga wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi kurang lebih 5,8 juta km2. Tanggal 13 Desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Nusantaraoleh Presiden RI kelima Ibu Megawati Soekarnoputri melalui Keppres No.126 Tahun 2001

Pada saat pidato pelantikannya,  Presiden Jokowi menyatakan bahwa kita telah lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat, dan teluk. Padahal kita sangat memahami bahwa Laut adalah Masa Depan Bangsa.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menerjemahkan arahan Presiden tersebutdengan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan pengelolaan kelautan nasional, melalui 3 misi, yakni: Kedaulatan, Keberlanjutan, dan Kesejahteraan.

Salah satu wujud nyata dari pelaksanaan misi tersebut adalah dengan memberantas illegal fishing melalui penegakan hukum di laut,Pemberantasan illegal fishing telah memberikan dampak yang signifikan bagi ekonomi perikanan di  Indonesia, bahkan bagi dunia internasional. Sumber daya ikan semakin melimpah dan dapat dinikmati oleh seluruh nelayan Indonesia.

Turut Hadir pada upacara kali ini Wadan Lantamal VI, Para Asisten Danlantamal VI, Kadis/Kasatker serta seluruh personel AL.

Laporan: Syahrul

loading...
loading...