Danny: Bangun Tol Jangan Rugikan Warga

oleh -367 views

images(335)-1Makassar– Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto menegaskan bahwa pembangunan tol dalam kota yang tengah direncanakan harus memperhatikan aspek lingkungan dan sosial.

Ia tidak ingin pembangunan tol yang dimaksudkan untuk mengurai kemacetan Makassar justru berimbas pada warga sekitar dan mengakibatkan kerugian yang lebih besar.

“Makanya saya meminta elevated. Elevated itu adalah tol yang lewat di atas, jadi memiliki penyangga sehingga kedua sisi jalan yang dilalui tetap terhubung”, ucapnya saat presentasi F5 jalan tol baru oleh Japan Consortium Team di ruang kerja, senin (24/11/2014).

Danny tidak menginginkan kedua sisi jalan terpisah oleh jalan tol yang dibangun karena menurutnya hal itu justru akan menambah biaya masyarakat jika harus mengakses rute yang sangat jauh jika ingin ke sebelah jalan.

Pembangunan tol tersebut rencananya akan melalui jalur pesisir, jalan Pettarani dan jalan Alauddin. Menurut Danny, baik jalur tol yang melalui pesisir maupun dalam kota merupakan kebutuhan mendesak Makassar saat ini.

Namun Danny mengatakan bahwa yang paling memungkinkan untuk dilakukan pembangunannya yakni jalur tol yang melalui pesisir Makassar dikarenakan tidak dibutuhkannya pembebasan lahan di jalur tersebut.

Pada waktu bersamaan, di tempat terpisah juga berlangsung diskusi mengenai pembangunan tol tersebut antara gubernur Sulsel, Syahrul YL dan Presiden RI, Joko Widodo. Mereka bahkan telah mempertanyakan perkiraan budget yang dibutuhkan.

“Mereka sudah menanyakan harga dan biasanya kalau seperti itu sudah kemungkinan besar akan direalisasikan”, ucap Danny lagi.

Budget pembangunan tol saat ini yakni Rp.250 miliar per kilometer sehingga total anggaran yang dibutuhkan bisa mencapai Rp.7 triliun untuk pembangunan tol sepanjang 40 km di Makassar.

Adapun anggaran tersebut kata Danny bisa berasal dari APBN atau pun investor.(sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.