Dekranasda Harus Kreatif Pada Kerajinan Khas Makassar

oleh -599 views

IMG_20140824_224406-1Makassar– Walikota Makassar, Danny Pomanto, meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar,  untuk membuat kerjaninan tangan yang bercirikan khas Makassar.

Hal tersebut dikemukakan Danny, dalam sambutannya saat membuka rapat kerja Dekranasda, di Baruga Anging Mammiri, Sabtu, 23 Agustus 2014.

“Sesuai dengan fungsi Dekranasda dalam menciptakan ekonomi kreatif, saya berharap barang-barang hasil kreatifitas tersebut bisa bercirikan khas Makassar,”katanya

Menurut Danny, Salah satu bentuk kerajinan yang bisa menjadi barang dengan nilai jual yang tinggi adalah batik. Industri batik dengan memberi motif bercirikan Makassar dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung dari dalam dan luar Makassar.

“Berikan motif seperti bertuliskan Makassar, lontara atau gambar phinisi. Sehingga pendatang masuk ke makassar, akan merasa tidak lengkap tanpa membawa batik khas Makassar,” ungkapnya

Lebih lanjut,Danny menitipkan harapannya kepada Dekranasda, agar senantiasa berinisiatif dan inovatif dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat dalam bentuk pembekalan keterampilan sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan.

“Dekranasda ini sangat penting kehadirannya, selain mampu memberikan keterampilan kepada masyarakat juga membantu program Pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran” ujarnya

Ketua Dekranasda kota Makassar, Indira yusuf Ismail, mengatakan, peranan dekranasda adalah mensukseskan program DIA.

“Peningkatan ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat lorong.Menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan keterampilan adalah kerja Dekranasda,” ujar istri Walikota Makassar ini.

Sementara itu, ketua panitia rapat kerja, Najmah Emma, mengatakan, peserta rapat kerja diikuti oleh 47 orang pengurus Dekranasda. Rapat ini dilaksanakan untuk membahas dan menetapkan program kerja di setiap bidang dan melaksanakan hasil rakernas tahun 2014.

“Kita juga menghadirkan berbagai narasumber, dalam memberikan pembekalan terhadap anggota Dekranasda,”jelasnya

Sementara itu Kadis Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Rusmayani Madjid, yang hadir sebagai pemateri, mengatakan, untuk tahun 2014, pihaknya telah menyiapkan dana untuk lomba pembuatan batik bercirikan Makassar, diikuti oleh industri lorong di kota Makassar.

“Lomba batik ini, kita kerjasamakan dengan Dekranasda” katanya (sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.