Demo BBM: Penangkapan Hasri Jack ‘Langgar’ HAM

oleh -425 views

IMG_20141110_000158-1-1Makassar– Aksi demonstrasi menolak rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilakukan mahasiswa makassar, khususnya Universitas Indonesia Timur (UIT), jumat lalu, di Jalan AP. Pettarani, berujung pada penangkapan Hasri Jack, Aktivis Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM).

Nah, tindakan refresif pihak kepolisian inipun menuai sorotan dari Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Sulsel.

Direktur PBHI Sulsel Wahidin Kamase mengatakan, penindakan dan penangkapan Hasri Jack yang dianggap sebagai otak aksi demonstrasi tersebut adalah penerapan pola era orde baru dan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

“Penangkapan yang dilakukan Jumat sore (7/11/2014) itu adalah tidakan yang tak layak lagi dipakai di era reformasi ini. Hasri Jack ketika itu bukan ikut dalam aklsi unjuk rasa, namun hanya menyaksikan,” ucap kuasa hukum Hasri Jack ini, Minggu (9/11/2014).

Kalau pihak kepolisian hendak menangkap kata Wahidin Kamase, seharusnya yang berbuat rusuh. Kliennya ketika itu hanya duduk di tangga DPRD Makassar, kemudian intel kepolisian memanggilnya dan langsung menangkap.

Kini aktivis GAM ini masih mendekam di balik jeruji kepolisian. Tentunya, sejumlah Pihak menyayangkan kepolisian yang bertindak dinilai melangar HAM tersebut. (Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.