Home / Indotimnews / Di Hari Pertama, 720 Pelamar ikuti Tes CPNS Kemenag Sulsel

Di Hari Pertama, 720 Pelamar ikuti Tes CPNS Kemenag Sulsel

MAKASSAR– Bertempat di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI) Stasiun Makassar, Hari ini Minggu, (11/11/2018) menjadi hari pertama bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulsel memulai melaksanakan ujian berbasis Computer Asissted Test (CAT) dalam kegiatan seleksi penerimaan CPNS.

Semenjak proses penerimaan seleksi dibuka di Lingkup Institusi Kemenag di Sulsel, Dari data yang masuk ke Panitia Penerimaan mencatatkan sebanyak 11.760 orang pelamar yang mendaftar ikut seleksi CPNS di Kemenag Sulsel, dan mereka akan bersaing untuk mendapatkan tempat pada formasi yang disediakan.

Untuk Peserta Seleksi dari Kemenag Sulsel Yang ikut di ujian dihari pertama sesi ke 5 hari ini sebanyak 720 orang, setelah sesi sesi sebelumnya diikuti oleh pelamar dari instansi lain.

Seleksi hari pertama ini juga mengutamakan pelamar yang ex honorer Kategori 2, dan hari pertama ini jadwal ujian rencananya akan dimulai prosesnya pada pukul 14.30 wita, dan khusus bagi peserta seleksi yang dalam kondisi Hamil dan Sakit akan lebih diprioritaskan untuk mengikuti seleksi lebih awal, Ungkap H. Masykur, Kasubag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Sulsel yang juga sekertaris penerimaan CPNS Kemenag Sulsel tahun 2018.

Pelaksanaan Seleksi di hari pertama ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar dan dihadiri juga oleh sejumlah pejabat diantaranya dari Biro Ortala dan Inspektorat Jenderal Kemenag RI, serta dari lingkup Kanwil Kemenag Sulael, UIN Alauddin, IAIN Pare, Palopo dan Bone, Balai Diklat serta Litbang Keagamaan Makassar.

Kabag TU Kanwil Kanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Abdul Wahid selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa tes CPNS Kanwil Kemenag Prov. Sulsel akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 11-15 November ini. Secara keseluruhan peserta seleksi CPNS Kanwil Kemenag Sulsel yang lolos berkas berjumlah 11.220 pelamar umum ditambah honorer 289 orang dan kesemuanya akan bersaing memperebutkan 989 formasi dengan rincian 530 formasi umum dan 459 formasi untuk ex honorer K2 di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, Ucap Mantan Kakankemenag Kota Makassar ini.

Lebih lanjut Abdul Wahid menegaskan, bahwa dalam ruangan ujian, peserta hanya diperbolehkan membawa kartu ujian dan KTP, sedangkan barang-barang lain seperti handphone, jam tangan, tali pinggang, gelang, hingga cincin harus disimpan di tempat penitipan.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar dalam sambutannya saat membuka secara resmi seleksi CPNS Kemenag Sulsel berharap agar panitia penyelenggara seleksi bisa melaksanakan tugasnya secara profesional dan memastikan proses seleksi bisa berlangsung lancar, aman dan sukses.

Salah satu Kakanwil Kemenag Propinsi Termuda di Indonesia ini juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh peserta seleksi CPNS yang telah mempercayakan pilihannya kepada Institusi Kementerian Agama untuk mengabdikan dirinya kelak bilamana sukses lolos.

Selanjutnya Beliau berpesan kepada seluruh peserta agar tidak lupa berdoa dan berserah diri kepada Sang Khalik sebelum memulai seleksi, serta tetap tenang , teliti dan cermat dalam menjawab seluruh soal yang ada. Dan yang paling penting adalah bersikap jujur, disiplin dan taat aturan, semoga dengan kesemua bekal tersebut, kita berharap bisa mendapatkan hasil yang maksimal sebagaimana harapan kita semua, Harap Anwar Abubakar menutup sambutannya.

Sekedar informasi, peserta seleksi CPNS yang berlokasi di RRI stasiun Makassar akan melalui sejumlah tahapan dan akan melalui sejumlah pos sebelum memasuki lokasi ujian CAT diantaranya Ruang Tunggu Peserta di pos 2 dimana seluruh barang bawaan peserta ujian akan disimpan untuk selanjutnya mempersiapkan diri menuju Pos Body Scan, lalu bila dinyatakan lolos scan, peserta akan menuju tempat penandatanganan daftar hadir, lalu penandatanganan Kartu Tes, selanjutnya akan diberikan PIN CAT. Kemudian peserta yg sudah mendapatkan PIN CAT akan distempel tangannya untuk selanjutnya menuju ruang tunggu dan akan mendapatkan pengarahan terkait tata tertib dan tata cara Ujian CAT, lalu peserta akan diarahkan untuk memasuki ruangan CAT setelah sebelumnya melalui proses pemeriksaan terkahir. Kesemua hal ini dilakukan untuk menjaga kredibilitas proses ujian.

Usai mengikuti ujian, Peserta bisa langsung melihat informasi hasil ujiannya yang ditampilkan melalui layar yang disiapkan oleh panitia seleksi di halaman RRI Stasiun Makassar. (Wrd)

loading...