Dibenarkankah Penjualan Surat Keterangan tanpa Blangko di Samsat Jeneponto? (Bag.2)

oleh -199 views

20141118_08_40_01Makassar– Seperti yang diberitakan debelumnya (tulisan 1), diduga kuat ada penjualan surat keterangan pengganti Surat Tanda Coba Kendaraan (SCTK) di Samsat Jeneponto, tanpa bangko resmi yang dikeluarkan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel, ke pihak showroom maupun dialer.

Sejumlah pengurus dialer kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, mengaku harus menyetor uang pembelian surat keterangan.

Namun, yang membuat mereka heran, seperti di Kantor samsat lainnya, seharusnya pembelian surat keterangan dilengkapi dengan blangko resmi yang dikeluarkan Ditlantas Polda Sulsel.

Tapi di Samsat Jeneponto malah sebaliknya, pembelian surat keterangan itu seolah wajib hukumnya, namun pihak manajemen kantor ini, tak memberi blangko atau catatan apapun.

Nah, selain pihak dialer dan showroom yang dirugikan tentunya sangat berdampak pada pemilik kendaraan bermotor (ranmor) baru.

“Kami membeli kendaraan baru, namun enggan kami pakai. Hal itu disebabkan pihak Samsat tak memberi kami surat keterangan pengganti STNK sementara,” ucap Daeng Tate, Selasa (18/11/2014).

Malah banyak pula warga yang mengaku, jika ranmor baru mereka dicoba, bakal kena tilang dari Polidi Lalulintas karena tanpa dilengkapi dokumen surat keterangan.

Nah, Kepala Unit (Kanit) Regident Polres Jeneponto, Iptu H. Hanafi yang beberapa waktu lalu dikonfirmasi mengaku jika SCTK di Polres Jeneponto tidak diperjual belikan. Namun ketika ditanya via telepon selular penjualan surat keterangan tanpa blangko, ia enggan menjawab. (Bersambung) (Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.