Home / DAERAH / Dibentuk Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan di Mamasa

Dibentuk Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan di Mamasa

MAMASA– Rapat Pembentukan Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM) Tingkat Kabupaten Mamasa, Sulbar, dilaksanakan oleh Kajari Mamasa di Aula Kajari Mamasa, Kamis (5/6/2018).

Hadir dalam Rapat tersebut diantaranya Tende, SH, MH (Kajari Mamasa), H. Amad Barambangy, S.Ag, MA (Kepala Kemenag Kab. Mamasa), Pdt. Zakaria Sude, S. Th (Ketua FKUB Kab. Mamasa), Ramly. L, S.Ag, M.Pd.i (Ketua MUI Kab. Mamasa), M. Ikbal Ilyas, SH (Kasi Intel Kajari Mamasa), Yavet Sambokaraeng (Kabid Kebudayaan Diknas Kab. Mamasa), Aco Madika (Perwakilan Kesbangpol Kab. Mamasa), Unsur Kominda Kab. Mamasa, BIN, Inteldim 1420 Polmas, Intel Polres Mamasa.

Dalam kesempatan tersebut Tende, SH, MH (Kajari Mamasa), mengatakan bahwa pertemuan ini dilaksanakan untuk membentuk Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM) Tingkat Kab. Mamasa yang akan bertugas mengawasi jalanya seluruh agama dan aliran kepercayaan serta akan memantau adanya aliran sesat di wilayah Kab. Mamasa guna mencegah terjadinya konflik antar agama, konflik antar agama dengan aliran kepercayaan / aliran aliran yang diangap sesat. Selain itu kegiatan pengawasan aliran kepercayaan ini sejak dulu dilaksanakan tetapi mungkin karena keterbatasan kita sehingga baru kali ini kita adakan rapat koordinasi sekaligus pembentukan tim serta kita akan laksanakan pengumpulan data perkembangan aliran kepercayaan yang dapat berpotensi mengganggu aktifitas keamanan masyarakat.

Adapun struktur Tim PAKEM Kab. Mamasa, yakni sebagai berikut:
1. Kajari Mamasa sebagai Ketua merangkap Anggota.
2. Kasi Intel Kajari Mamasa sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota.
3. Kasat Intelkam Polres Mamasa sebagai Anggota.
4. Pasi Intel Kodim 1402 Polmas sebagai Anggota.
5. Anggota BIN (Posda Mamasa) sebagai Anggota.
6. Kakan Kemenag Kab. Mamasa sebagai Anggota.
7. Kabid Wasbang Kesbangpol Kab. Mamasa sebagai Anggota.
8. Kabid Kebudayaan Dinas P dan K Kab. Mamasa sebagai Anggota.
9. Ketua FKUB Kab. Mamasa sebagai Anggota.
10. Ketua MUI Kab. Mamasa sebagai Anggota.

Sedangkan tugas Tim PAKEM Kab. Mamasa, yakni sebagai berikut:
1. Menerima dan menganalisasi laporan informasi tentang kepercayaan atau aliran keagamaan dalam masyarakat.
2. Meneliti dan menilai secara cermat perkembangan suatu aliran kepercayaan untuk mengetahui dampak dampak bagi ketertiban dan ketentraman umum.
3. Mengajukan laporan dan saran sesuai dengan jenjang wewenang dan tanggung jawab.

Laporan: K pArangka

loading...