Dinas Kominfo Gelar Workshop UU Kip

oleh -216 views

images(311)-1Makassar– Dalam rangka implementasi UU No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik di Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, disikapi Dinas Komunikasi danInformatika (Kominfo) kota Makassardengan menggelar Workshop Tata Cara pengaduan Layanan Sistim InformasiPublik dengan tema ‘Peningkatan Kapasitas Pengelola Layanan Sistim Informasi Publik’ yang dilaksanakanselama dua hari, yakni Selasa-Rabu, tanggal 12 hingga 13 November lalu di Hotel Grand Town Makassar.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang diwakili Sekertaris Kota(Sekkot), Ibrahim Saleh mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan DinasKominfo Makassar sebagai bentukimplementasi UU N0.14 Tahun 2008 tersebut.

Menurutnya, hak-hak masyarakat untuk memperoleh informasi telahdijamin oleh UU yang merupakan salahsatu hak azasi manusia, sebagaimana diatur dalam UU 1945 pasal 28Fyang menyebutkan bahwa setiap orangberhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi.

“Ditetapkannya UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasipublik dan inpres no.6 tahun 2009bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik danbertanggung jawab melalui penerapanprinsip akuntabilitas,” ujarnya.

Aturan lain, lanjutnya, yakni UU no.11 tahun 2008 tentang Informasidan Transaksi Elektronik (ITE)yang merupakan tuntutan bagi aparata untuk meningkatkan kompetensi dankemampuan, baik terhadapperkembangan aturan , perkembangan teknologi yang sesuai misi dan visiPemkot Makassar.

Selain itu, perhatian dan keseriusan Pemkot Makassar untuk mewujudkantata kelola pemerintahan yangbaik dan bertanggung jawab melalui Dinas Kominfo dengan memberikanlayanan interaktif melalui mediacetak dan elektronik dengan menampilkan SKPD secara bergilir untukmemaparkan program dan capaiankinerja masing-masing.

“Pemkot juga telah MoU dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentangElektronik Audit (e-audit) yangsistem aplikasinya memperlihatkan transparansi perencanaan keuangan,” tandasnya,

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan,keterbukaan informasi adalah suatuhal mutlak yang harus dilaksanakan oleh pemerintah, baik provinsimaupun kabupaten/kota di seluruhIndnesia.

Menurut Mukhtar, sehubungan hal itu, Pemkot Makassar telah membangunsaran web site, yakniMakassarKota.Go.Id yang merupakan sarana pengaduan, keluhan terhadapberbagai hal yang terjadi dimasyarakat dengan cara on line.

“Dalam web site tersebut terdapat Geografi Informasi Sistim (GIS),E-Kuciniki, serta sarana lainnya,”ujar mantan Kabag Humas Pemkot Makassar ini.

Workshop tersebut diikuti para pimpinan SKPD dalam lingkup PemkotMakassar, para pejabat lingkup DinasKominfo, perwakilan media, Kelompok Informa Masyarakat (sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.