Dinas Sosial DKI Jakarta Siapkan Kegiatan untuk Anak Balita Pencari Suaka pun

oleh -72 views

JAKARTA– Dinas Sosial DKI Jakarta menyediakan kegiatan bagi anak dan balita pengungsi pencari suaka. Anak-anak diajak mewarnai, menggambar, bernyanyi, berhitung hingga storytelling.

“Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, sebelumnya menugaskan para pekerja sosial dan penyuluh sosial mengajak anak-anak yang ada disini untuk mewarnai, menggambar, story telling,” terang Pekerja Sosial Dinsos DKI Jakarta, M. Kurniawan saat ditemui, Selasa (16/07/2019).

Kurniawan mengatakan, kegiatan yang di lakukan sejak hari Senin (15/07/2019), merupakan upaya dalam menjaga kondisi psikis anak-anak di tengah lingkungan pengungsian.

“Mereka di sini ceria, tidak ada yang tertekan. Tapi kita kan tidak tahu, ada hal apa saja yang sudah mereka lalui. Nah, kegiatan ini sekadar mengisi waktu luang mereka. Dari pada hanya untuk main-main, lebih baik bermain sambil belajar,” tambahnya.

Kurniawan menjelaskan, perlengkapan belajar dan mainan di dapat dari Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Balita Tunas Bangsa yang berada di bawah naungan Dinsos DKI Jakarta. “Tadinya peksos (pekerja sosial) yang bergerak mengumpulkan perlengkapannya. Ini juga sudah ada dari panti anak. Kalau bisa ada koordinasi lintas sektoral terkait ini,” terang Kurniawan.

Adalah Hadroh (5), anak perempuan yang berasal dari Somalia mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. “Senang. Jadi banyak teman,” ujarnya Hadroh dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Hadroh pun bercerita, orang tuanya sudah tiga tahun tinggal di Indonesia. “Aku bisa ‘bahasa’. Dari kecil aku tinggal di sini (Indonesia),” kenangnya Hadroh.

Hal serupa juga di rasakan Almitah (4) dari Afghanistan. Ia sangat antusias dan merasa terhibur saat menyimak pembimbing sedang bercerita. “Senang. Saya belajar ABC sama hitungan. Aku juga bisa gambar bunga,” tuturnya. (IS)